Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/06/2024, 09:29 WIB
Nazla Ufaira Sabri,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber CNET

KOMPAS.com - Menciptakan kebiasaan sehat bisa menjadi langkah pertama yang penting untuk mencapai gaya hidup yang lebih baik.

Tanpa perlu perubahan besar, ada beberapa kebiasaan sederhana yang bisa kita coba untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Berikut ini adalah 12 kebiasaan baru yang bisa kamu coba mulai hari ini.

1. Prioritaskan tidur

Tidur adalah fondasi dari kesehatan yang baik. Saat kita tidur, tubuh memperbaiki diri dan mempersiapkan energi untuk hari berikutnya. Cobalah tidur minimal 7-8 jam setiap malam.

Buatlah rutinitas tidur yang konsisten, seperti pergi tidur dan bangun pada jam yang sama setiap hari. Hindari gadget sebelum tidur dan ciptakan suasana kamar yang nyaman untuk tidur.

Baca juga: 9 Kebiasaan Buruk yang Mengurangi Kualitas Tidur

2. Berjalan lebih banyak

Berjalan adalah aktivitas fisik yang mudah dilakukan dan memberikan banyak manfaat kesehatan. Tidak perlu melakukan olahraga berat, cukup luangkan waktu untuk berjalan kaki setiap hari. 

Kamu bisa mulai dengan berjalan kaki selama 30 menit sehari, baik itu saat berangkat kerja, saat istirahat makan siang, atau setelah makan malam. Berjalan dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi stres, dan meningkatkan mood.

3. Membaca selama 30 menit

Mengasah otak sama pentingnya dengan menjaga kesehatan fisik. Membaca selama 30 menit setiap hari dapat meningkatkan fungsi otak, memperluas wawasan, dan mengurangi stres.

Pilih buku yang kamu sukai, baik itu fiksi atau non-fiksi, dan jadikan membaca sebagai bagian dari rutinitas harian. Membaca sebelum tidur juga bisa membantu tidur lebih nyenyak.

4. Meditasi

Meditasi adalah cara yang efektif untuk mengurangi stres dan meningkatkan kesejahteraan mental. Luangkan waktu 10-15 menit setiap hari untuk meditasi.

Carilah tempat yang tenang, duduk dengan nyaman, dan fokus pada pernapasan. Meditasi dapat membantu kita merasa lebih tenang, meningkatkan konsentrasi, dan memperbaiki suasana hati.

Baca juga: 9 Kebiasaan yang Membuat Lebih Bahagia di Usia 70-an dan Seterusnya

5. Habiskan waktu di alam

Menghabiskan waktu di alam terbukti memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berada di alam bisa mengurangi stres, meningkatkan suasana hati, dan memberikan kesempatan untuk berolahraga.

Cobalah untuk mengunjungi taman, pantai, atau pegunungan setiap akhir pekan. Jika kamu tidak memiliki banyak waktu, sekadar berjalan-jalan di taman kota atau halaman rumah pun sudah cukup.

6. Makan lebih banyak makanan berbasis tumbuhan

Makanan berbasis tumbuhan seperti buah, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh.

Makanan ini mengandung serat, vitamin, dan mineral yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung, mengontrol berat badan, dan menurunkan risiko penyakit kronis.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com