Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Ketemu Jodoh Lewat Aplikasi Kencan? Simak 8 Tips Ini

Kompas.com - 04/06/2024, 17:17 WIB
Nazla Ufaira Sabri,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Di era digital ini, aplikasi kencan menjadi salah satu alternatif bagi mereka yang ingin mencari pasangan.

Tidak sedikit cerita sukses yang bermunculan, salah satunya adalah pengalaman Azka Hanifah, seorang pekerja kantoran dengan jadwal padat yang dibagikan melalui utas di aplikasi X.

Azka berhasil menemukan pasangan hidup melalui aplikasi kencan Bumble.

Meskipun menghadapi berbagai tantangan, hubungan mereka berkembang pesat, dari perkenalan pada akhir Mei 2023 hingga tunangan di Februari 2024.

Baca juga: 9 Aplikasi Kencan Online yang Paling Banyak Dipakai di Indonesia 

Tips mencari pasangan di aplikasi kencan

Azka berbagi pengalaman dan saran bagi mereka yang ingin mencoba peruntungan mencari jodoh lewat dating apps. Berikut beberapa tips dari Azka:

1. Jangan terlalu polos dan mudah baper

Dalam dunia kencan online, penting untuk menjaga hati agar tidak mudah terbawa perasaan. Kenali seseorang dengan wajar tanpa terburu-buru melibatkan emosi.

2. Selidiki bio atau profil

Jangan langsung percaya dengan informasi yang ditampilkan di bio atau profil. Banyak kasus pria atau wanita yang tidak jujur mengenai identitas mereka. Luangkan waktu untuk menyelidiki lebih lanjut sebelum terlanjur percaya.

Baca juga: Waspadai, 8 Red Flag di Profil Aplikasi Kencan

3. Simpan informasi pribadi

Hindari memberikan informasi pribadi seperti tempat kerja atau alamat tinggal terlalu cepat. Ini penting untuk menjaga privasi dan keamanan diri.

4. Hati-hati dengan ajakan bertemu

Jangan langsung menerima ajakan bertemu, terutama di awal perkenalan. Beri waktu untuk mengenal lebih jauh sebelum memutuskan bertemu secara langsung.

5. Unmatch jika obrolan menjurus negatif

Jika arah obrolan mulai menjurus ke hal-hal negatif, termasuk konten dewasa, segera lakukan unmatch. Jangan ragu untuk memutus komunikasi demi keselamatan.

6. Tukar ID media sosial daripada nomor WA

Saat merasa nyaman untuk berkomunikasi di luar aplikasi, gunakan ID Telegram, LINE, atau Instagram daripada nomor WhatsApp. Ini untuk menjaga privasi nomor telepon pribadi.

7. Temui di tempat ramai

Jika memutuskan untuk bertemu, pilihlah tempat umum yang ramai, seperti coffee shop di area yang familiar. Ini untuk memastikan keselamatan dan meminimalisasi risiko.

Baca juga: 7 Tips Membuat Profil Kencan agar Dilirik

8. Beritahu orang terdekat

Selalu informasikan kepada orang terdekat jika berencana bertemu dengan orang yang baru dikenal dari aplikasi kencan. Pastikan ponsel selalu penuh kuota dan baterai, serta aktifkan fitur share location.

Tambahan dari Azka, jangan abaikan insting jika merasa ada sesuatu yang ganjil. Usahakan untuk mencari tahu hingga mendapat kepastian.

“Jangan meremehkan atau mengabaikan feeling kalau misalkan ada sesuatu yang mengganjal. Coba cari tau sampai kamu menemukan jawabannya,” jelas Azka saat dihubungi oleh Kompas.com, Senin (03/06/2024).

Tetap perlakukan orang dengan baik meskipun saat bertemu mereka tidak sesuai ekspektasi, setidaknya hargai waktu yang telah mereka luangkan.

“Tetap perlakukan mereka dengan baik walaupun ternyata pas meetup orangnya tidak sesuai dengan ekspetasi atau terlihat beda 180 derajat dengan foto, minimal hargai waktunya yang udah dia luangkan untuk kita buat ketemu,” saran Azka.

Baca juga: Berapa Banyak Pengguna Aplikasi Kencan yang Sampai ke Pelaminan?

Bagi kamu yang ingin mencoba mencari jodoh lewat aplikasi kencan ikuti tips dari Azka dan nikmati prosesnya dengan tetap berhati-hati. Siapa tahu, jodoh Anda ada di sana menunggu untuk ditemukan.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com