Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/06/2024, 08:59 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber Best Life

KOMPAS.com - Meskipun ponsel telah menyederhanakan dan membantu kehidupan kita sehari-hari, tidak dapat disangkal bahwa penggunaannya dapat menyita terlalu banyak waktu kita. 

Dari menelusuri media sosial tanpa berpikir panjang hingga menjelajahi internet dengan santai, kita akan mudah kehilangan waktu berjam-jam tanpa melakukan banyak hal penting.

Karenanya meluangkan waktu untuk detoksifikasi digital telah menjadi prioritas bagi banyak orang yang ingin menjauh dari ponsel, tablet, dan laptop mereka. 

Untungnya, ada beberapa cara sederhana untuk memutus siklus kecanduan ponsel dan membantu kita merasa lebih hadir di dunia nyata. 

Baca juga: Perlukah Kita Detoks Media Sosial demi Menjaga Kesehatan Mental?

Cara mengurangi waktu bermain ponsel

Berikut beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengurangi waktu bermain ponsel. Beberapa di antaranya memerlukan keteguhan hati:

1. Hapus aplikasi media sosial.

Munculnya media sosial telah merevolusi cara kita berkomunikasi, berhubungan dengan orang-orang, dan bahkan memperkenalkan diri kita ke dunia nyata. Namun, ini juga bisa sangat menyita waktu.

“Menghapus aplikasi media sosial dari ponsel dapat mengurangi waktu pemakaian perangkat secara drastis,” kata Jack Winston, pendiri & CEO BePresent. Namun bukan berarti kita harus benar-benar terputus dari dunia digital.

“Jika kamu menemukan aplikasi yang tidak diinginkan di ponselmu tetapi masih ingin atau perlu menggunakannya sesekali, cukup 'pindahkan' aplikasi tersebut ke perangkat lain, misalnya ke laptop,” saran Teodora Pavkovic, direktur kesejahteraan dan kesehatan digital di Linewize. 

“Ini adalah langkah yang relatif sederhana, namun akan membantu mengurangi waktu menggunkan ponsel dan menciptakan batasan yang lebih baik.”

2. Atur batas waktu aplikasi.

Kita tentu pernah membuang-buang waktu karena tergoda berbagai hal yang ditawarkan ponsel, mulai dari bermain game, menelusuri media sosial, hingga menonton serial drama. Untungnya, ada cara untuk memantau dan mengatur berapa menit yang kita habiskan saat bermain ponsel.

“Kita dapat menetapkan batas waktu aplikasi di ponsel sebagai pengingat bahwa kita harus mengalihkan diri ke aktivitas lain,” kata Jenny Flora Wells, terapis holistik yang berbasis di Los Angeles. "Pengatur batas waktu aplikasi ini bisa ditemukan di hampir semua ponsel."

Baca juga: Kenapa Detoks Digital itu Penting?

3. Jauhkan ponsel secara fisik

Setiap dengungan, bip, dan getaran di saku dapat mendorong kita untuk membuka perangkat dan mulai browsing. Jadi mengapa tidak menjauh diri dari perangkat ponsel sepenuhnya agar tidak tergoda?

“Simpan ponsel di ruangan lain bila memungkinkan,” kata Winston. “Ketika kita lebih sulit meraihnya, kita akan terkondisi untuk lebih jarang memeriksanya. Perubahan sederhana seperti mematikan ponsel saat makan atau saat bekerja dapat membuat perbedaan besar.”

Cara ini tidak hanya berhasil pada siang hari. Taren Coley, MD, psikiater dan direktur layanan anak dan remaja di HopeWay juga menyarankan untuk menjauhkan ponsel dari kamar tidur danengan menggantinya dengan jam alarm tradisional.

“Perubahan ini menghindarkan kita memulai hari dengan melihat ponsel dan juga membatasi godaan untuk menggunakan ponsel hingga larut malam, memastikan tidur yang lebih nyenyak dan waktu penggunaan perangkat yang lebih sedikit,” katanya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com