Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Tampilan Seragam Defile Tim Indonesia di Asian Games 2018

Pada acara defile, tim Indonesia akan tampil menggunakan setelan blazer, t-shirt, dan celana panjang dalam corak warna merah putih. Busana para atlet dan official itu dirancang oleh label busana lokal, The Executive.

Kesan kasual namun modern ditampilkan misalnya lewat seragam atlet pria yang memadukan t-shirt aksen round neck warna putih, blazer lengan panjang warna merah serta celana panjang putih.

Sementara seragam untuk atlet perempuan terdiri dari t-shirt dengan kerah model V warna putih, blazer panjang double breast warna merah dan celana putih.

"Pemilihan double breast karena mengikuti tren saat ini. Selain itu, siluet blazer ini pun membuat tubuh terlihat slim," ujar General Manager Brand The Executive Rita Zulkaidarati di Jakarta, Kamis (26/7/2018).

Angkat budaya Indonesia

Garis siluet yang tegas dan tanpa aplikasi ornamen yang berlebihan pada blazer yang dipakai menguatkan persona androgini yang penuh daya tarik.

Aksentuasi dipusatkan pada sematan kancing, permainan garis serta komposisi saku yang esensial.

Untuk seragam atlet pria dilengkapi aksesori berupa pocket square.  Sedangkan seragam atlet perempuan dilengkapi scarf atau hijab.

Adapun aksesori tersebut menggunakan motif batik Parang menyerupai huruf S artistik yang merupakan simbol dari jalinan atau saling menjalin, menjadikan satu kesinambungan.

"Motif Parang disimpulkan sebagai semangat yang tak akan pernah padam dan disimbolkan pula sebagai semangat untuk pantang menyerah," ujar Rita.

Sementara untuk khusus pocket square, motif Parang dipadukan dengan motif Nitik yang merupakan kombinasi dari corak bunga.

Motif Nitik yang geometris kerap dipakai pada acara atau seremoni akbar sebagai simbol keberkahan dan kemenangan.

"Kemunculan motif batik ini bagian dari mengangkat budaya Indonesia, yang mana dipadukan dengan gaya modern," kata Rita.

Merah putih

Sementara itu pemilihan warna merah putih juga memiliki arti khusus. Warna merah melambangkan keberanian dan kobar semangat. Sementara warna putih melambangkan pondasi kesucian dan kebersihan.

Kedua warna tersebut dianggap saling melengkapi dan menyempurnakan jiwa dan raga manusia untuk membangun Indonesia.

Sementara itu, pada bagian celana yang berwarna putih diberikan aksen dua garis merah pada sisi kiri dan kanan, yang terinspirasi dari warna bendera lndonesia.

Ketua Umum Komite Olimpiade lndonesia (KOI) dan Ketua Panitia Pelaksana Asian Games 2018 Erick Thohir mengungkapkan, kerjasama dengan label lokal seperti The Executive merupakan bagian dari misi Asian Games 2018.

"Asian Games ini lebih dari event olahraga. Gelaran ini juga bagian promosi Indonesia di mata dunia," ujar Erick.

Karena itu, khusus untuk seragam defile, Erick tak ingin menyajikan asal-asalan karena akan dilirik oleh dunia. Ia ingin seragam Indonesia bisa sejajar kualitasnya dengan negara-negara lain seperti Jepang atau pun China.

"Kami ingin para atlet percaya diri dan bangga saat memakai seragam defile," katanya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/07/26/195727720/ini-tampilan-seragam-defile-tim-indonesia-di-asian-games-2018

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke