Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Kostum Unik Indonesia di Ajang Kecantikan Internasional

KOMPAS.com - Kostum nasional yang terinspirasi sate ayam milik Kharishma Aurra, Miss Grand Indonesia 2020 pada gelaran Miss Grand International bukanlah satu-satunya.

Pada waktu lalu, jamu, kekayaan maritim, bahkan orangutan pernah jadi tema kostum yang dikenakan para perempuan cantik tersebut.

Para peserta kontes kecantikan asal Indonesia kerap menampilkan busana yang mewah dan unik dengan inspirasi kekayaan budaya lokal.

Khususnya dalam sesi kostum nasional di mana semua peserta berusaha membawa kekayaan negara asalnya. Indonesia sendiri tercatat punya beberapa kostum yang mengesankan dan berhasil menjadi yang terbaik di dunia.

Berikut ini adalah sejumlah kostum peserta asal Indonesia di ajang kecantikan mancanegara yang sempat mengundang decak kagum antara lain:

Miss Grand Indonesia sebelumnya, Sarlin Jones juga tampil menawan dalam kostum yang terinspirasi dari Kapal Phinisi ini. Wilayah Indonesia yang terdiri dari banyak pulau dengan budaya maritim yang kuat menjadi ide utama karya desainer Hengki Kawilarang ini.

Pakaian seberat 30 kilogram ini berwarna hitam berhiaskan kain tenun merak keemasan khas Nusa Tenggara Timur. Kostum ini juga terinspirasi dari Labuhan Bajo, tempat ia terpilih menjadi perwakilan Indonesia.

Kebetulan Sarlin yang berdarah Indonesia-Amerikan ini juga memiliki darah Nusa Tenggara Timur yang diturunkan dari sang ibu.

  • Ibu Pertiwi

Kostum yang dikenakan oleh Dea Rizkita, perwakilan Indonesia di ajang Miss Grand International 2017 ini terlihat megah sekaligus mistis. Terbukti, busana seberat 27 kilogram ini didapuk menjadi yang terbaik dalam kategori Best National Costume.

Orangutan yang hanya ada di Indonesia terancam punah dengan berbagai perusakan hutan. Bunga berusaha mengajak dunia untuk lebih peduli kepada alam dengan penampilkan uniknya kala itu.

Kostum ini berhasil menjad yang terbaik karena menampilkan keagungan pengantin wanita dari kalangan bangsawan Lampung. Busana ini merupakan hasil karya Dynand Faris yang biasa membuat kostum untuk Jember Fashion Carnaval.

Kostum seberat 20 kilogram itu berwarna abu-abu dan bercorak kuning keemasan. Tampilannya yang megah sekaligus elegan dengan hiasan kepala yang senada menjadi kunci kemenangannya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/03/26/140705520/5-kostum-unik-indonesia-di-ajang-kecantikan-internasional

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke