Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tidur Nyenyak Bisa Bantu Turunkan Gula Darah secara Alami, Benarkah?

Padahal, kondisi ini bisa meningkatkan risiko penyakit kronis seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan juga stroke.

Seorang ahli endokrinologi dan pendiri Comite Center for Precision Medicine & Health, Florence Comite, MD, mengatakan bahwa kadar gula darah dapat diuji oleh penyedia layanan kesehatan.

Ada pula monitor glukosa kontinu yang bisa dipakai dan digunakan untuk melacak kadar gula darah.

Dia menjelaskan bahwa wajar jika kadar gula darah berfluktuasi secara moderat sepanjang hari.

Tetapi jika kadar gula darah secara konsisten tinggi, ini merupakan pertanda bagi kita untuk melakukan perubahan pada pola makan dan gaya hidup guna mengembalikannya ke dalam kisaran normal.

"Gula darah diubah menjadi energi bagi tubuh," katanya.

"Jika kita memiliki terlalu banyak gula darah, hal itu dapat merusak seluruh tubuh karena dapat mengenai setiap sel dalam tubuh, termasuk pembuluh darah kecil, pembuluh darah besar, jantung, ginjal, otak, mata, dan saraf."

"Inilah sebabnya mengapa penderita diabetes berisiko lebih tinggi mengalami serangan jantung," jelas dia.

Tidur nyenyak untuk turunkan gula darah

Comite pun mengungkapkan, ada beberapa cara alami untuk menurunkan gula darah, salah satunya dengan mendapatkan tidur yang berkualitas secara konsisten.

"Tidur nyenyak adalah hal yang sangat penting untuk mengelola gula darah," terangnya.

Dia juga menjelaskan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan tubuh melepaskan lebih banyak kortisol (alias "hormon stres"), yang kemudian meningkatkan kadar gula darah.

Studi ilmiah menunjukkan bahwa kurang tidur dan tidur yang terfragmentasi (terbangun secara berkala sepanjang malam) dapat memengaruhi kadar glukosa.

"Jika tidur tidak menentu atau terganggu, kadar gula darah dapat menjadi terlalu tinggi atau terlalu rendah," kata Comite.

Hampir semua orang tahu bahwa kurang tidur akan membuat kita merasa lesu keesokan harinya.

Hal ini juga memiliki efek domino yang menyebabkan kebiasaan tidak sehat lainnya yang berdampak negatif pada kesehatan.

Studi ilmiah menunjukkan bahwa ketika kita lelah, kita cenderung melewatkan olahraga dan mengonsumsi makanan yang tidak bernutrisi, dua kebiasaan yang dapat meningkatkan kadar gula darah.

Selain itu, kita juga cenderung merasa stres dan gelisah, yang bisa berdampak negatif pada kadar gula darah.

Maka, tidur nyenyak secara konsisten akan membantu kita membuat keputusan terbaik untuk membantu menjaga kadar gula darah dalam kisaran yang lebih sehat.

Cara lain mengelola gula darah secara alami

Meskipun memprioritaskan tidur adalah tips nomor satu dari Comite untuk menurunkan gula darah secara alami, dia mengatakan bahwa membuat pilihan makanan yang cerdas adalah yang kedua.

Menurutnya, kita perlu menghindari makan makanan yang tinggi gula, beberapa di makanan yang tampaknya sehat, seperti yogurt, sereal, atau granola, karena dapat mengandung gula yang tinggi.

Oleh sebab itu, penting untuk membaca informasi nutrisi pada makanan yang akan kita beli atau makan.

Makanan lain yang disarankan oleh Comite untuk dikurangi jika kita sedang berusaha menurunkan gula darah adalah karbohidrat yang cepat diserap, atau juga disebut karbohidrat sederhana.

Contohnya termasuk roti putih, kue kering, konsentrat jus buah, dan permen.

Sebaliknya, dia mengatakan untuk memprioritaskan makanan yang rendah indeks glikemiknya (yang berarti makanan tersebut diserap lebih lambat dan tidak akan meningkatkan kadar gula darah) dan kaya akan nutrisi.

Ini termasuk makanan seperti kacang-kacangan, tahu, sayuran tanpa tepung, pasta gandum, roti gandum, ikan, daging, dan telur.

Di samping itu, berolahraga secara teratur dan mengelola stres juga merupakan cara utama untuk menurunkan kadar gula darah secara alami.

"Olahraga menyebabkan sel menggunakan energi dan glukosa gula adalah sumber utama energi tersebut," kata Comite.

Sedangkan untuk stres, seperti halnya kurang tidur menyebabkan tubuh mengeluarkan kortisol (yang kemudian meningkatkan kadar gula darah), begitu juga dengan perasaan stres dan kecemasan yang berkepanjangan.

Nah, apabila kita tidak tahu berapa kadar gula darah kita, Comite merekomendasikan untuk memeriksakan kadar gula darah ke penyedia layanan kesehatan atau dengan menggunakan monitor glukosa darah secara terus menerus, terutama jika kita memiliki riwayat diabetes tipe 2 atau penyakit jantung.

Ingat, 80 persen penderita prediabetes bahkan tidak tahu bahwa mereka mengidapnya.

Jadi, setelah mengetahui kadar gula darah, kita akan tahu apakah kits perlu mengubah cara makan dan gaya hidup kita sehari-hari.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/04/17/153922120/tidur-nyenyak-bisa-bantu-turunkan-gula-darah-secara-alami-benarkah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke