Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jajan Aman di Restoran Padang hingga "Fast Food"

Kompas.com - 04/02/2011, 16:45 WIB

KOMPAS.com — Ketika hari-hari kita dipenuhi dengan undangan bersantap di sana-sini, bertemu dengan klien sambil makan siang, atau makan bersama teman-teman sepulang kantor, wow... bayangkan bagaimana kadar kolesterol, tekanan darah, dan tingkat gula darah Anda. Sebab, kita cenderung tidak mengontrol bahan-bahan apa saja yang digunakan dalam hidangan tersebut.

Untuk menghindari gangguan kesehatan Anda, dr Lindarsih Notowidjojo M Nutr.sc., SpGK, dari RS Omni Medical Center (OMC) memberikan kiat-kiat agar hobi makan Anda di restoran tetap jalan tanpa menimbulkan risiko.

Salah satu hal yang bisa dilakukan saat memilih makanan di restoran adalah memerhatikan pengolahannya. Makanan yang digoreng, apalagi dibalut tepung, mengandung lemak jenuh tinggi. Namun, jangan dulu cepat membayangkan bahwa kita hanya bisa memesan makanan yang kurang enak.

"Contohnya, seafood. Kalau hanya dipakai sebagai campuran dalam makanan lalu diolah dengan cara direbus atau ditumis, tidak masalah. Yang berbahaya kalau sudah digoreng, pakai tepung, serta kuahnya mengandung sodium dan lemak jenuh tinggi juga diminum," katanya.

Lebih baik, pilih restoran dengan menu bervariasi, baik dari segi pengolahan maupun bahan makanan. Restoran China atau Jepang, misalnya, memiliki varian menu yang lebih banyak daripada rumah makan cepat saji. Kadang kala kita tidak begitu mengenali nama makanan dalam menu. Saat ini terjadi, jangan takut bertanya kepada pelayan restoran. Ini adalah cara efektif untuk mencari tahu suatu makanan terbuat dari apa dan bagaimana pengolahannya. Jangan sampai hanya karena sok tahu kita terjebak memesan makanan tidak sehat.

Dr Lindarsih juga memberikan panduan mengenai ragam menu alternatif yang dapat kita pilih saat bersantap di restoran favorit.

Restoran cepat saji
Tahukah Anda kalau satu porsi menu cepat saji biasa mencapai 1.000 kalori atau lebih? Karena itu, pilih menu yang lebih kecil dan ganti kentang goreng atau nasi dengan salad. Pisahkan dressing dari salad dan jangan tambahkan topping yang digoreng.

Sekarang restoran cepat saji pun tidak hanya menyediakan makanan yang digoreng. Ada pilihan menu yang lebih sehat, seperti dipanggang. Namun, jangan tambahkan keju ekstra, saus krim, saus tinggi sodium, dan gula, seperti saus teriyaki. Pilih air kemasan daripada minuman bersoda untuk menemani hidangan kita.

"Meskipun sekarang ada minuman bersoda yang mengklaim bebas gula dengan label 'zero', minuman ini tetap tinggi kadar sodiumnya," tutur Lindarsih.

Selain itu, jangan tergoda tawaran upsize dengan kartu kredit yang sering berlaku di sejumlah waralaba fast food.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com