Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Butuh Waktu untuk Perubahan Ritme Usai Melahirkan

Kompas.com - 17/03/2011, 10:23 WIB

KOMPAS.com - Menjalani kehamilan dan melahirkan bagi perempuan muda menjadi tantangan tersendiri. Perubahan aktivitas maupun prioritas hidup seringkali membuat ibu, paskapersalinan, butuh waktu beradaptasi dengan keadaan. Tak sedikit ibu muda yang kemudian merasa shock atau bahkan mengalami baby blues. Jika sudah seperti ini yang dibutuhkan ibu muda adalah dukungan dari keluarga, terutama suami.

Aktris dan penyanyi Bunga Citra Lestari mengaku mengalami kondisi ini. Usai melahirkan Noah Sinclair pada September 2010 lalu, BCL mengaku shock dengan perubahan hidupnya. Prioritas mendadak berubah, dari semula melulu untuk diri kita menjadi fokus semuanya untuk anak.

"Saya juga menyusui, dan ada waktunya saya menangis saat menyusui dan menjalankan semua kegiatan pengasuhan bayi karena merasa lelah. Masa awal menyusui tidak mudah dijalankan. Usai melahirkan, belum cukup tidur sementara waktu hamil selalu tidur. Lalu punya bayi dan harus bangun untuk menyusui. Tahap awal ritmenya masih belum ketemu, tapi lama-kelamaan baik ibu dan bayi saling mengerti dan kondisi down ini mulai teratasi," jelas BCL, saat peresmian penobatan dirinya sebagai duta program pelangsingan tubuh di Hotel Kempinski Jakarta, Rabu (16/3/2011) lalu.

Untuk melewati perubahan ritme sehari-hari paskapersalinan ini, BCL mengaku dukungan ibunya punya peran penting. Ibu muda butuh dukungan untuk menjalani peran barunya, terutama saat memutuskan memberikan ASI eksklusif enam bulan. Di samping itu, ibu muda juga butuh dukungan untuk tetap menjalani kariernya lagi. Peran sebagai ibu dan keinginan untuk tetap mengaktualisasikan talenta bisa dijalankan perempuan dengan motivasi diri dan dukungan dari orang terdekatnya.

Bagi BCL, menjadi ibu dan menjalani karier dalam waktu bersamaan memberikannya tantangan baru. Kini, perempuan kelahiran 22 Maret 1983 ini sedang menggarap album ketiga. Pada waktu bersamaan, istri Ashraf Sinclair ini semakin menikmati masa menyusui bersama anak laki-lakinya yang kini berusia 5,5 bulan. BCL tak terpisahkan dengan si kecil yang kini mulai mengoceh dan merangkak.

"Capek memang, tapi semua terbayarkan saat melihat Noah senyum," kata penerima penghargaan "Selebriti Paling Stylish 2009" dari A+Magazine ini.

BCL mengaku, demi menuntaskan tugasnya memberikan ASI eksklusif dan memantau tumbuh kembang Noah, tawaran terjun kembali ke dunia film masih dipertimbangkannya. "Ada tawaran main film namun masih mengatur waktu untuk bisa menyesuaikan dengan Noah. Anak menjadi prioritas saat ini," tandasnya.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com