3 Bentuk Tubuh yang Paling Rentan Terkena Diabetes

Kompas.com - 11/08/2018, 12:01 WIB
Ilustrasi mengukur lingkar pinggang Creatas ImagesIlustrasi mengukur lingkar pinggang
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Disadari atau tidak, bentuk tubuh seseorang ternyata memegang peranan penting dalam menentukan risiko diabetes.

Diabetes tidak hanya memengaruhi orang-orang dengan berat badan berlebih, bahkan orang yang bertubuh kurus pun juga bisa terkena diabetes. Lantas, bentuk tubuh seperti apa yang paling berisiko diabetes?

1. Yang memiliki perut buncit

Perut buncit tidak hanya dialami oleh orang yang kelebihan berat badan saja. Pasalnya, orang kurus yang memiliki berat badan ideal pun dapat memiliki kondisi ini. Lemak perut adalah jenis lemak jahat penyebab utama dari perut buncit yang berbahaya bagi kesehatan.

Dikutip dari laman Harvard Health Publications, lemak perut dapat memengaruhi produksi lemak darah yang secara langsung dihubungkan dengan kenaikan kolesterol total dan kolesterol jahat (LDL), menurunnya kolesterol baik (HDL), serta resistensi insulin.

Nah, resistensi insulin inilah yang kemudian jadi awal mulanya penyakit diabetes. Kondisi ini terjadi ketika insulin tidak bekerja optimal sehingga menyebabkan glukosa darah meningkat dan tidak dapat masuk dalam sel-sel tubuh

Baca juga: 4 Bahaya Kesehatan Akibat Punya Perut Buncit

2. Yang memiliki lingkar pinggang besar

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa pria dan wanita yang memiliki lingkar pinggang besar berisiko lebih tinggi untuk mengembangkan berbagai penyakit kronis di kemudian hari, salah satunya diabetes.

Biasanya lingkar pinggang besar diidentikan dengan orang yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas. Faktanya, orang yang memiliki berat badan normal namun memiliki lingkar pinggang yang besar juga berisiko terkena berbagai penyakit dibandingkan dengan orang yang memiliki lingkar pinggang normal.

American Heart Association National Heart serta Lung and Blood Institute menetapkan ukuran lingkar pinggang yang sehat pada wanita yaitu lebih kecil dari 88 cm, sedangkan pada laki-laki lebih kecil dari 102 cm.

Halaman:


Sumber

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X