Kompas.com - 25/07/2019, 16:51 WIB
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kasus dugaan penyalahgunaan narkoba jenis sabu yang melibatkan pelawak Srimulat, Nunung, tentu membuat publik terhenyak. Nunung mengaku mengonsumsi sabu untuk menjaga stamina saat bekerja.

Padahal cara meningkatkan stamina sebenarnya mudah, tanpa menyentuh obat-obatan terlarang, apalagi mengandalkan efek sabu. Ada berbagai cara yang bisa dicoba, termasuk konsumsi makanan sehat penambah tenaga, untuk memacu stamina.

Cara meningkatkan stamina dengan sehat dan menyenangkan

Berolahraga secara teratur dan meditasi, menjadi dua cara meningkatkan stamina, yang bisa kita lakukan sendiri, maupun bersama teman-teman. Tak hanya itu, kita juga bisa mendengarkan musik kesukaan, untuk menambah semangat saat berolahraga.

Meditasi dan yoga

Ilustrasi yoga Sukhasana fizkes Ilustrasi yoga Sukhasana
Kamu mungkin sudah tak asing dengan meditasi maupun yoga. Selain membantu mengendalikan gangguan stres dan menenangkan pikiran, meditasi dan yoga bisa menjadi cara meningkatkan stamina.

Sebuah studi pada tahun 2016 melaporkan, yoga dapat meningkatkan daya tahan tubuh para responden yang dilibatkan, serta membuat mereka tidak mudah lelah.

Temuan serupa juga muncul dalam penelitian lain yang dimuat dalam International Journal of Yoga. Penelitian ini membuktikan, yoga dapat meningkatkan kekuatan otot dan fleksibilitas tubuh, menjaga sistem pernapasan, serta kesehatan jantung.

Baca juga: 3 Manfaat Yoga Berdasarkan Penelitian

Berolahraga secara teratur

Ilustrasi olahragajacoblund Ilustrasi olahraga
Seperti halnya meditasi dan yoga, berolahraga secara teratur juga memberikan efek positif terhadap kondisi psikologis kita, sekaligus meningkatkan stamina. Orang yang berolahraga secara teratur akan merasa lebih bertenaga untuk beraktivitas.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.