Ini Sayuran yang Cocok untuk Turunkan Berat Badan

Kompas.com - 22/05/2020, 16:32 WIB
Ilustrasi sayuran segar ShutterstockIlustrasi sayuran segar
Editor Wisnubrata

Berolahraga saja memang tidak cukup untuk menurunkan berat badan seseorang. Disiplin memilih menu yang dimakan juga tak kalah penting. Itu sebabnya kita perlu mengulik lebih jauh apa saja makanan, termasuk sayuran, yang tepat untuk diet.

Tak hanya membuat tubuh lebih sehat, sayuran kaya serat sehingga membuat seseorang merasa kenyang lebih lama.

Selain sayuran, buah-buahan juga mengandung nutrisi seperti vitamin dan mineral yang membantu proses metabolisme tubuh. Orang yang rutin mengonsumsi buah dan sayuran akan lebih mudah membakar lemak yang menumpuk di tubuh.

Jika saat ini sayuran masih sekadar menjadi pelengkap menu kamu, tak ada salahnya mencoba menambah porsi sayuran lebih banyak lagi.

Beberapa sayuran untuk diet yang bisa kamu coba adalah:

1. Jamur

jamur shiitakeshutterstock.com jamur shiitake
Rasanya yang lezat membuat jamur tak hanya dianggap sebagai sayuran, tapi juga sumber protein. Ada banyak restoran vegetarian yang menyajikan lauk mereka dari olahan jamur hingga tampak – bahkan terasa – seperti daging.

Sejak dulu, jamur adalah sayuran untuk diet yang dapat mengendalikan kadar gula dalam tubuh. Manfaatnya, jamur bisa mengurangi berat badan seseorang.

Lebih jauh lagi, jamur juga kaya akan protein dan bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Semakin baik proses metabolisme, semakin maksimal pula proses membakar lemak yang menumpuk.

Baca juga: 5 Manfaat Jamur untuk Kesehatan Tubuh

2. Brokoli

Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X