Kompas.com - 02/07/2020, 22:18 WIB
Ilustrasi pria feedoughIlustrasi pria

KOMPAS.com - Pria yang mendapat label "bad boy" mungkin terkesan negatif. Namun, banyak wanita justru sulit menolak saat diajak berkencan oleh pria dengan label tersebut.

Sebagian dari kita memandang bad boy sebagai sosok yang menarik. Para ahli mencoba mencari tahu, mengapa daya pikat mereka mampu menaklukkan kaum hawa.

Ahli biologi evolusi akan menyebut bad boy sebagai seorang hipermaskulin, kata Michael R. Cunningham, Ph.D., profesor dan psikolog di University of Louisville.

Baca juga: Mengapa Pria Cari Pasangan Selingkuh? Ini 7 Kemungkinannya

"Pria-pria ini memancarkan testosteron, yang mengarah pada keberanian dan dikaitkan dengan seksualitas berlebihan," katanya.

"Seorang bad boy bisa juga menjadi pemberontak, atau tidak menunjukkan emosi," kata Madeleine A. Fugere, Ph.D., profesor psikologi di Eastern Connecticut State University dan penulis "Social Psychology of Attraction and Romantic Relationships."

Dalam pengertian yang paling ekstrem dan negatif, bad boy menunjukkan kualitas dari apa yang disebut dark triad psikologis, menurut peneliti hubungan dan pelatih Marisa T. Cohen, Ph.D., CPLC.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada dasarnya, dark triad merujuk pada kepribadian narsis (dengan hak dan pandangan tinggi tentang diri mereka), Machiavellianism (cenderung mengeksploitasi orang lain), dan psikopat (menampilkan perilaku antisosial dan impulsif).

Berikut adalah beberapa alasan yang membuat para wanita tertarik mengencani bad boy::

Baca juga: Waspadai, 7 Tanda Kamu Kencan dengan Orang Narsis

1. Wanita tertarik pada bad boy untuk jangka pendek

Dalam ilmu pengetahuan, khususnya biologi evolusi menjelaskan mengapa bad boy bisa terlihat menarik.

Dr. Fugere mengatakan, penelitian menunjukkan wanita lebih tertarik pada pria maskulin selama pertengahan siklus menstruasi mereka, ketika wanita dalam kondisi paling subur.

"Pria dengan sifat yang sangat maskulin mungkin memiliki gen berkualitas lebih baik, sehingga bisa menarik bagi wanita pada tingkat evolusi yang tidak disadari," katanya.

Saat ditanya mengenai apa yang wanita cari dalam pasangan ideal, mereka cenderung mengutip sifat pria yang baik, seperti kejujuran, kepercayaan, dan rasa hormat.

"Faktanya, wanita biasanya mengatakan mereka akan menghindari pasangan yang kasar, tidak sopan, atau agresif secara fisik," ujar Dr. Fugere.

"Jadi, pada tingkat kesadaran tertentu, saya pikir sebagian besar wanita mengakui pria nakal bukan pasangan yang baik untuk jangka panjang."

Baca juga: Pahami, 7 Hal yang Biasa Disembunyikan Pria dari Pasangan

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.