Seberapa Efektif Cuka Apel Turunkan Berat Badan

Kompas.com - 21/07/2020, 11:55 WIB
Ilustrasi. shutterstockIlustrasi.

KOMPAS.com - Sari cuka apel memang minuman yang punya banyak khasiat. Ada yang menggunakannya untuk mengatasi jerawat, ketombe, dan sengatan matahari. Beberapa penelitian bahkan menunjukkan, cuka sari apel membantu menurunkan berat badan.

Itu sebabnya orang menambahkan cuka sari apel ke dalam teh, smoothie, atau meminumnya secara langsung. 

Namun, bisakah cuka sari apel membantu kita membakar lemak? Para ahli menjelaskan apa saja yang wajib kita ketahui.

1. Definisi cuka sari apel

Cuka sari apel adalah sari apel dengan tambahan ragi untuk memulai proses fermentasi. Takaran umumnya adalah memasukkan dua sendok makan cuka sari apel ke air, walau beberapa orang hanya menambahkan satu sendok makan.

Satu sendok makan cuka sari apel hanya mengandung tiga kalori, artinya kita tidak perlu khawatir kelebihan kalori.

Baca juga: Menambahkan Cuka Apel ke Dalam Menu Diet Bantu Hancurkan Lemak Perut

2. Efek samping

Akan lebih baik jika kita mengonsumsi cuka sari apel dalam jumlah sedang, karena jumlah yang terlalu banyak dapat merusak gigi dan tulang.

Ada satu kasus seorang wanita berusia 28 tahun yang didiagnosis kadar kalium rendah dan osteoporosis karena sering konsumsi cuka sari apel.

Dia mendatangi rumah sakit dan mengeluh kram, lalu dokter menemukan pasien dalam kondisi kalium rendah dan tulang rapuh. Menurut dokter, pasien kehilangan massa tulang karena kadar asam tinggi yang disebabkan dari mengonsumsi cuka sari apel 226 gram setiap hari.

Halaman:


Sumber menshealth
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X