Kompas.com - 07/08/2020, 16:23 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kanker prostat adalah salah satu penyakit yang menjadi momok bagi kaum pria.

Menurut Bobby Liaw, MD, asisten profesor kedokteran, hermatologi, dan onkologi di Mount Sinai Health System di New York, AS, kanker prostat menyerang satu dari sembilan pria dalam kehidupan mereka.

Namun, kita sering tidak memikirkan bahaya kanker prostat hingga di kemudian hari penyakit tersebut datang menimpa.

Padahal, mengambil langkah pencegahan sejak awal dapat membantu seseorang mengurangi risiko kanker prostat di masa depan.

Liaw, yang kini berusia 37 tahun, menyarankan beberapa tindakan untuk mencegah kanker prostat. Antara lain:

1. Mengatur menu makan

"Menjadi spesialis dalam kanker prostat mendorong saya untuk mengurangi asupan daging merah menjadi dua atau tiga kali sebulan, dan menghentikan asupan daging olahan," kata Liaw.

Ia menambahkan, mengurangi asupan daging dan memperbanyak makan sayuran seperti brokoli, kembang kol, dan kangkung serta makanan dengan antioksidan dapat mengurangi risiko kanker prostat.

Baca juga: 5 Makanan untuk Menurunkan Risiko Kanker Prostat

2. Tetap aktif bergerak

Semua orang berpikir aktif olahraga dan menjaga berat badan akan membantu kebugaran kardiovaskular. Tetapi hal itu juga penting untuk mengurangi risiko kanker prostat, kata Liaw.

Halaman:


Sumber menshealth
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X