8 Tanda Melemahnya Kekebalan Tubuh yang Tak Disadari

Kompas.com - 17/09/2020, 18:18 WIB
ilustrasi kelelahan bekerja Shutterstockilustrasi kelelahan bekerja

KOMPAS.com - Menjaga sistem kekebalan tubuh harus selalu menjadi prioritas selama pandemi.  Sistem imun yang kuat membantu tubuh menangkal virus seperti Covid-19 atau setidaknya membuat durasi penyakit lebih singkat.

Penyakit kronis atau penyakit autoimun adalah faktor risiko paling jelas yang dapat mengganggu kekebalan tubuh seseorang.

Namun, ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang juga dapat melemahkan kekebalan tubuh kita.

"Beberapa kebiasaan atau pola hidup dapat membuat Anda rentan terkena infeksi," ahli imunologi dan direktur medis dari Arizona Center for Integrative Medicine, Randy Horwitz, M.D., Ph.D., seperti dilansir Mind Body Green.

Ada beberapa tanda yang bisa kamu perhatikan, yang merujuk kepada pelemahan sistem kekebalan tubuh, di antaranya:

Baca juga: 7 Cara Sederhana Jaga Kekebalan Tubuh Selama Pandemi

1. Gampang masuk angin 

Dokter dan ahli imunologi integratif, Heather Moday, M.D. mengatakan, untuk populasi umum, orang yang lebih sering sakit karena pilek atau flu, atau bahkan pneumonia, biasanya mengalami gangguan sistem kekebalan tubuh.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), orang dewasa biasanya mengalami dua sampai tiga kali pilek per tahun, dan kebanyakan pulih dalam tujuh sampai 10 hari. Kondisi tersebut dianggap normal.

Pada orang sehat, banyak waktu yang diperlukan tubuh untuk mengembangkan antibodi dan melawan penyakit.

Tetapi, jika kamu membutuhkan waktu lebih lama untuk pulih atau sering masuk angin, infeksi sinus, infeksi telinga, atau infeksi apa pun, artinya sistem kekebalan tubuhmu sedang berjuang untuk mengimbangi.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X