Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/11/2020, 13:33 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lemak di dalam perut tidak hanya mengganggu penampilan kita saja, tetapi juga bisa menyebabkan penyakit yang serius.

Orang yang mengalami obesitas sentral karena penumpukan lemak di perut rentan terserang penyakit kardiovaskular, diabetes hingga tekanan darah tinggi.

Jadi, jika ingin benar-benar mencoba menghilangkan lemak perut, berikut ada 10 trik sederhana yang dapat diterapkan ke dalam rutinitas harian.

1. Mengonsumsi probiotik

Seorang ahli diet, Maggie Michalczyk, MS, RD mengatakan, probiotik adalah bakteri baik yang kita inginkan lebih banyak di usus agar tetap sehat.

Probiotik sangat bermanfaat karena menjaga sistem kekebalan tubuh dan dapat membantu mengurangi lemak perut.

Satu studi menemukan, bahwa mengonsumsi probiotik membantu sedikit pengurangan lemak di dalam perut.

"Diperlukan lebih banyak penelitian, namun, beberapa strain bakteri probiotik terbukti telah membantu wanita menurunkan berat badan,"ujarnya.

Baca juga: 8 Makanan Sehat yang Mengandung Probiotik Tinggi

2. Memasukkan serat prebiotik

Memasukkan serat prebiotik ke dalam makanan adalah cara mudah untuk menjaga agar sistem pencernaan kita berjalan lancar.

"Prebiotik yang ditemukan pada banyak buah dan sayuran mengandung serat dan pati resisten yang tidak dapat dicerna oleh tubuh, jelasnya.

Sehingga, lanjut dia, serat dan pati resisten melewati sistem pencernaan untuk menjadi makanan bagi bakteri baik (probiotik) di usus.

Hubungan kerja dengan probiotik ini memastikan segala sesuatunya berjalan lancar dan jenis probiotik tertentu dapat bekerja untuk membantu kita menurunkan berat badan.

3. Latihan beban

Kebanyakan orang sering berpikir kalau kardio adalah cara terbaik untuk membakar lemak dan meningkatkan metabolisme mereka.

Akan tetapi, latihan beban atau mengangkat beban sebenarnya membakar lebih banyak kalori dan dapat memberikan dampak yang lebih besar saat mencoba menghilangkan lemak perut yang membandel.

"Mengangkat beban dapat membantu lebih baik daripada kardio untuk menjaga berat badan bila kita mencoba untuk mempertahankannya," kata Michalczyk.

Baca juga: Kardio Vs Latihan Beban, Mana yang Lebih Baik Turunkan Berat Badan?

4. Mengurangi alkohol

Jika kita benar-benar ingin menghilangkan lemak perut, maka ini saatnya untuk mulai mengurangi minuman berkalkohol.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com