Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/12/2020, 18:23 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Time

KOMPAS.com - Memelihara hubungan dalam pernikahan memang bukan hal yang mudah, terlebih jika pernikahan sudah dilakukan selama belasan atau bahkan puluhan tahun.

Hubungan pernikahan yang bahagia membutuhkan usaha. Dalam buku barunya The All-or-Nothing Marriage, psikolog Eli Finkel mengungkapkan apa yang bisa dilakukan agar hubungan itu bisa terus berkembang.

Namun jika kamu tak memiliki banyak waktu dan energi untuk melakukan banyak hal agar hubunganmu dengan pasangan menjadi lebih baik, Finkel menawarkan tips instan yang bisa membuat hubunganmu dengan suami atau istri menjadi lebih bahagia.

Finkel, yang telah mempelajari ribuan pasangan, menyebut perbaikan cepat ini sebagai ”lovehacks."

Proses ini membutuhkan sedikit waktu dan tidak memerlukan kerja sama apa pun dari pasanganmu, namun ini bisa membuat perbedaan besar.

Lovehacking melibatkan upaya yang disengaja untuk melihat keindahan di bawah amarah dan kekecewaan dan kebosanan,” tulis Finkel dalam buku tersebut.

Baca juga: Menjaga Pernikahan Tetap Harmonis Usai Fase Bulan Madu

Berikut lima tips dari Finkel:

1. Hilangkan kebiasaan saling menyalahkan

“Ketika kamu  dan pasanganmu kerap saling menyalahkan, maka ada beberapa cara untuk menghindarinya,” kata Finkel.

Misalkan dia lupa tentang ulang tahunmu, lalu kamu menganggap hal ini dilakukan karena sifatnya yang egois atau dia sengaja melakukannya karena ingin membuatmu kesal, kemungkinan besar hal ini akan menimbulkan konflik dan permusuhan yang tidak perlu.

Sebaliknya, pertimbangkan semua kemungkinan penjelasan untuk kesalahan tersebut. Mungkin dia lupa karena sangat sibuk bekerja, atau karena dia stres, atau faktor yang lain.

Selama kamu yakin pasanganmu adalah orang yang baik, Finkel menyarankan untuk menerapkan strategi jika / maka berikut ini:

“Jika saya mulai merasa frustrasi atau marah tentang sesuatu yang pasangan saya lakukan (atau tidak lakukan), maka saya akan mengambil beberapa detik untuk mempertimbangkan penjelasan lain atas perilakunya”.

Baca juga: Saat Keuangan Berantakan, Kita Lebih Suka Menyalahkan Pasangan

2. Resapi pujian yang diberikan pasangan

Seseorang yang memiliki harga diri yang rendah, cenderung sulit percaya bahwa pasangan mereka benar-benar mencintai mereka.

Halaman:
Sumber Time
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com