Kompas.com - 03/02/2021, 14:28 WIB
Ilustrasi minum air MongkolChuewongIlustrasi minum air
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Minum air putih dalam jumlah yang cukup memang penting dan sangat dianjurkan untuk mencegah kita terkena dehidrasi.

Namun, bagaimana jika ada orang-orang yang minum air putih secara berlebihan sampai tiga liter air sehari. Apakah hal itu benar-benar diperlukan?

Seorang ahli diet, Beth Czerwony, MS, RD, CSOWM, LD mengatakan, bahwa sebenarnya minum tiga liter air sehari tidak benar-benar diperlukan, tetapi itu juga tidak akan menyakiti kita.

"Tingkat hidrasi semua orang berbeda-beda, tetapi kebanyakan orang tidak membutuhkan minum air sampai satu galon setiap hari," ujarnya.

Orang-orang memiliki kebutuhan air yang berbeda berdasarkan berat badan, tingkat aktivitas, berapa banyak mereka berkeringat, pengobatan apa yang sedang dijalani, dan makanan yang dikonsumsi.

Jelas, semua orang ingin menghindari dehidrasi, tetapi bukan berarti kita harus minum 3,7 liter (1 galon) air setiap harinya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Aturan praktis yang baik adalah dengan memeriksa warna urine. Jika kita terhidrasi dengan baik, maka urine akan berwarna warna kuning muda atau pucat.

Apabila warna urine lebih gelap, mungkin itu menjadi indikator agar kita dapat meningkatkan asupan air.

Tetapi perlu diingat, bahwa beberapa obat dan bahkan makanan juga bisa memengaruhi warna urine kita.

Baca juga: Begini Ternyata Aturan Minum Air Putih yang Benar

Minum air putih yang cukup

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X