Kompas.com - 08/02/2021, 16:37 WIB
Ilustrasi penerapan pola makan sehat ShutterstockIlustrasi penerapan pola makan sehat

KOMPAS.com - Oganisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa lebih dari 264 juta orang di seluruh dunia mengalami depresi. Gejala depresi yang nyata bisa berupa rasa sedih berkepanjangan, lesu, dan kehilangan minat melakukan aktivitas sehari-hari.

Salah satu cara untuk melawan depresi adalah mengatur pola makan. Dengan menjaga diet atau pola makan, kita dapat memperbaiki kesehatan mental dan kesejahteraan.

Sebuah studi di tahun 2017 menemukan, gejala depresi sedang hingga berat pada peserta studi berangsur membaik ketika mereka mengikuti sesi konseling nutrisi dan mengonsumsi makanan sehat selama 12 minggu.

Baca juga: Kesedihan Berlangsung Lama Bisa Jadi Tanda Depresi, Kenali Cirinya

Menyesuaikan atau mengubah pola makan dapat membantu kita dalam mengatasi depresi. Ada beberapa makanan yang bisa kita konsumsi, dan sebagian lagi wajib dihindari untuk menangani depresi.

Apa saja daftar makanan yang boleh dikonsumsi dan harus dihindari seseorang yang mengalami depresi?

A. Makanan yang direkomendasikan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email


1. Ikan

Ikan yang mengandung lemak seperti salmon, sarden, herring, tuna ringan, dan makarel adalah sumber vitamin D. Penelitian menunjukkan bahwa vitamin ini berperan penting dalam mengatur suasana hati dan menangkal depresi.

Manfaat kesehatan lain dari konsumsi ikan di atas mencakup perbaikan kesehatan jantung dan mengurangi rasa lelah.

Jika kita kehabisan energi, kita menjadi lebih mudah marah dan perilaku negatif lain. Pastinya kita tidak ingin memiliki emosi atau perilaku negatif, jika kita sedang berjuang melawan depresi.

Sebagian besar vitamin D bisa didapat dari paparan sinar matahari, kuning telur, hati sapi, dan produk susu yang diperkaya.

Baca juga: Cara Meningkatkan Kadar Vitamin D Dalam Tubuh

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber LifeHack
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.