Kompas.com - 28/02/2021, 21:00 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Kehidupan seks yang sehat bersama pasangan akan membuat hubungan menjadi semakin menyenangkan.

Di sisi lain, rutinitas seksual yang memuaskan hingga orgasme juga dapat mengurangi stres, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan kualitas tidur.

Banyak kajian penelitian mengenai manfaat hubungan seks bagi seseorang. Namun sebuah penelitian menunjukkan, kita dapat memperbaiki sistem kekebalan tubuh dengan orgasme.

Menariknya lagi, manfaat kekebalan tubuh itu bisa diperoleh lewat dua cara, orgasme bersama pasangan atau orgasme sendirian alias masturbasi.

Baca juga: 7 Cara Ampuh Bikin Wanita Mudah Orgasme

Manfaat orgasme bagi sistem kekebalan

Penelitian terdahulu yang melibatkan 11 pria di tahun 2004 memperlihatkan hubungan antara orgasme dengan peningkatan fungsi kekebalan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penelitian tersebut dimuat ke dalam jurnal Neuroimmunomodulation, dan menemukan gairah seksual dan orgasme mengaktifkan komponen sistem kekebalan.

Meskipun partisipan dalam penelitian ini sangat sedikit, para peneliti menemukan bahwa masturbasi meningkatkan jumlah mediator inflamasi yang disebut leukosit (sel darah putih) dan sel pembunuh alami. Keduanya melawan infeksi sebagai bagian dari respons kekebalan tubuh.

Jennifer Berman, MD, pakar kesehatan seksual, mencatat penelitian tersebut berfokus pada pengalaman pria, dan gairah seksual dapat memengaruhi tubuh wanita secara berbeda.

Namun, secara keseluruhan orgasme, baik dengan pasangan maupun tidak, memiliki manfaat kesehatan lain.

Baca juga: Orgasme dengan Vibrator Membuat Perempuan Kecanduan, Benarkah?

Ilustrasi bercinta.SHUTTERSTOCK Ilustrasi bercinta.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.