Kompas.com - 18/03/2021, 13:56 WIB
Tanaman krokot. SHUTTERSTOCK via ORGANIC FACTSTanaman krokot.

KOMPAS.com - Tanaman krokot adalah tanaman yang tumbuh liar. Meski begitu, tanaman dengan nama latin Portulaca oleracea ini ternyata punya sejumlah manfaat untuk kesehatan.

Mengutip Pusat Kajian Hortikultura Tropika Institut Pertanian Bogor (IPB), tanaman krokot atau gelang merupakan terna dengan bentuk batang yang bulat dan memiliki warna cokelat keunguan. Panjang batang tanaman krokot bisa mencapai 50 cm.

Menurut Organic Facts, krokot kemungkinan besar berasal dari wilayah Mediterania dan banyak dikonsumsi di seluruh Eropa, Asia, Timur Tengah, dan Afrika.

Rasanya sedikit asam dan asin. Seluruh bagian tanaman, termasuk daun, batang, bunga, dan bijinya dapat dimakan dan telah digunakan selama ribuan tahun untuk beragam peruntukan.

Manfaat tanaman krokot untuk kesehatan bisa diperoleh dengan berbagai cara, salah satunya menjadikannya obat luar, seperti obat bisul, eksim, borok, luka bakar, hingga gigitan ular dan serangga.

Tanaman ini juga bisa dijadikan obat oral, seperti untuk pengobatan disentri, diare akut, wasir berdarah, badan pegal dan sakit (rheumatism), keputihan, gangguan saluran kemih, obat masuk angin, dan masih banyak lagi.

Lebih jauh, mari mengenal tanaman ini, mulai dari kandungan nutrisinya, manfaatnya bagi kesehatan, hingga cara pengunaannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Jahe Merah: Khasiat, Saran Pengolahan, dan Cara Menyimpan

Kandungan nutrisi

Menurut data Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), satu porsi krokot mentah (100 gram) mengandung nutrisi sebagai berikut:

  • 20 kkal.
  • 92,86 gram air.
  • 2,03 gram protein.
  • 0,36 gram lemak.
  • 3,39 gram karbohidrat.
  • 65 miligram kalsium.
  • 1,99 miligram zat besi.
  • 68 miligram magnesium.
  • 44 miligram fosfor.
  • 494 miligram potasium.
  • 45 miligram sodium
  • 21 miligram vitamin C, dan lainnya.

Baca juga: Sulap Krokot Jadi Permen Sehat, Mahasiswa di Semarang Yakin Cegah Penyakit

Manfaat kesehatan

Krokot memiliki banyak manfaat yang dapat membantu mencegah dan mengobati sejumlah penyakit, di antaranya:

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Menurut penelitian, sayuran krokot mengandung kadar asam lemak omega-3 yang tinggi, sehingga dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.