Kompas.com - 11/05/2021, 14:33 WIB
Ilustrasi opor ayam putih, sajian khas Lebaran ala Sajian Sedap. DOK. SAJIAN SEDAPIlustrasi opor ayam putih, sajian khas Lebaran ala Sajian Sedap.

KOMPAS.com - Opor ayam merupakan salah satu makanan khas Lebaran dalam tradisi masyarakat Indonesia.

Rasa gurih daging ayam berpadu dengan santan memang lezat dinikmati bersama dengan potongan ketupat. Apalagi disantap setelah sebulan lamanya berpuasa menahan diri makan dan minum.

Namun opor ayam memiliki kandungan lemak yang sangat tinggi. Seperti dimuat di Kompas.com pada (23/05/2020), satu porsi makanan ini mengandung 320 kalori.

Jumlah ini terdiri dari 11 gram karbohidrat, 15 gram protein, dan porsi terbesar berupa 25 gram lemak. Karena itu banyak yang menudingnya sebagai makanan lezat namun dengan kandungan jahat.

Baca juga: 6 Cara Simpan dan Hangatkan Opor Ayam agar Tidak Basi

Faktanya, opor ayam juga kaya akan gizi dan nutrisi seperti kalsium, zat besi, fosfor, vitamin, hingga selenium.

Tentunya ini harus dikonsumsi dalam porsi normal agar manfaatnya lebih besar dibandingkan kerugiannya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seperti dikutip dari laman Kementrian Kesehatan, makanan ini punya banyak manfaat kesehatan yaitu:

Baca juga: 4 Cara Sehat Mengolah Daging Sapi untuk Menu Lebaran

  • Meningkatkan fungsi otak

Masakan opor ayam memiliki zat besi dalam kadar tertentu yang dapat meningkatkan fungsi dan performa otak. Karena itu, makanan ini bermanfaat menjaga kesehatan otak, terutama anak-anak yang tengah berada dalam masa pertumbuhan.

  • Memperkuat struktur tulang

Menyantap seporsi opor ayam bisa membantu perlindungan terhadap tulang. Hal ini sebaai manfaat dari kalsium yang terdapat dalam makanan ini.

Meski fungsinya tidak sebesar susu namun setidaknya bisa berdampak baik untuk kesehatan tubuh.

Baca juga: Mengapa Daging Ayam Potong Sebaiknya Disimpan Dingin

  • Menunjang daya tahan tubuh

Kandungan yang terdapat dalam resep opor ayam dapat menjaga sistem kekebalan tubuh. Tentunya ini sangat bermanfaat ketika kita merayakan Idul Fitri di tengah pandemi seperti sekarang.

Imunitas tubuh yang prima dapat menjaga diri kita dari serangan virus dan bakteri sehingga tidak rentan penyakit termasuk Covid-19.

  • Mencegah anemia

Penderita anemia dianjurkan untuk ikut menikmati sajian Lebaran ini karena kaya akan manfaat. Pasalnya, kandungan daging ayamnya dapat mencegah kelelahaan dan lesu yang diakibatkan penyakit kekurangan sel darah merah ini.

Baca juga: Tidak Bisa Silaturahmi? Kirim Hampers Makanan Saja...

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X