Kompas.com - 12/06/2021, 15:19 WIB
Dinda Kirana Instagram @dindakirana.sDinda Kirana

KOMPAS.com - Artis Dinda Kirana mengungkapkan baru saja menjalani operasi akibat penyakit kista ovarium yang diidapnya. Ia bahkan memiliki dua buah benjolan berukuran 5 cm dan 12 cm di rahimnya.

Penyakit yang disebabkan siklus menstruasi yang tidak normal ini memang menjadi momok bagi banyak perempuan. Meskipun sifatnya jinak, namun bisa menjadi ganas apabila ukurannya bertambah besar.

Seperti yang dialami oleh bintang sinetron Kepompong ini, ia harus dilarikan ke rumah sakit. Dinda mengakui lalai karena menunda operasi pengangkatan kista yang diidapnya sehingga akhirnya terjadi pendarahan.

Baca juga: Dinda Kirana Sempat Menunda Operasi Kista Hingga Membuat Kistanya Membesar

Wanita yang kerap mengalami nyeri hebat selama menstruasi memang dianjurkan untuk segera berkonsultasi dengan dokter. Pasalnya, ini bisa menjadi salah satu gejala akan adanya kista ovarium.

Tak harus operasi

Dalam banyak kasus, kista tidak memiliki gejala tertentu namun harus diwaspadai.

Di sisi lain, tidak semua kista harus segera ditangani dengan operasi. Jika dianggap tidak membesar dengan cepat, ada yang bisa menghilang dengan sendirinya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun ini harus dilakukan berdasarkan anjuran dokter yang melalukan pemeriksaan menyeluruh.

Kita bisa melakukan perawatan rumahan, bukan untuk menghilangkan kista, melainkan untuk menghilangkan rasa sakitnya ketika kambuh.

Baca juga: Kista Ovarium, Benarkah Bisa Menghambat Kehamilan?

 

Berikut adalah delapan cara yang paling direkomendasikan antara lain:

  • Obat pereda rasa sakit

Obat anti inflamasi yang dijual bebas bisa dipakai untuk mengurangi sakit karena kista ovarium. Jenisnya sama dengan obat pereda rasa sakit untuk wanita saat menstruasi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X