Kompas.com - 22/06/2021, 07:43 WIB
Ilustrasi masak di rumah saat wfh bersama anak. SHUTTERSTOCK/GEORGE RUDYIlustrasi masak di rumah saat wfh bersama anak.

KOMPAS.com - Tutorial resep masakan dari sejumlah koki ternama kini bertebaran di berbagai media sosial. Sayangnya, banyak dari kita tetap saja gagal ketika mencobanya di rumah.

Devina Hermawan, William Gozali dan Arnold Poernomo adalah sejumlah juru masak kenamaan yang rutin berbagi ilmu kepada warganet. Mereka bahkan tak ragu membagikan resep makanan populer yang tentunya lezat dan layak dicoba di rumah.

Sayangnya, panduan ini saja tak cukup untuk mewujudkan menu favorit seperti yang diinginkan. Bahan yang sama sudah disiapkan, langkah demi langkahnya dilakukan sama persis namun tetap saja hasilnya tak sesuai ekspektasi.

Kegagalan dalam proses memasak ini sebenarnya bukan hal yang aneh. Ada banyak detail kecil saat memasak yang bisa membedakan hasil masakan kita dengan para chef tersebut.

Baca juga: Hemat Waktu Memasak dengan Melakukan Meal Prep

Untuk membantu kita mewujudkan menu masakan yang diidamkan, ada sejumlah metode yang harus kita lakukan.

Sejumlah tips berikut ini datang dari para chef profesional yang sudah malang melintang di dunia kuliner.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Merebus kentang dengan susu

Creamy mashed potato adalah menu yang disukai banyak orang namun sulit dibuat di rumah. Untuk mendapatkan tekstur dan rasa bagaikan di restoran ternama, kita dianjurkan merebus kentang dengan susu yang ditambah garam, bukan air.

Setelah kentang matang, tiriskan dan tambahkan soft butter agar creamy mashed potato lebih lembut dan tidak terlalu berminyak. Agar terasa lebih creamy, bisa mencampurkannya dengan krim asam atau cream cheese.

Baca juga: Memasak Bisa Jaga Kesehatan Mental, Ini 6 Alasannya

  • Gunakan coklat berkualitas tinggi untuk chocolate chip cookies

Krystal Craig, kepala pastry chef sekaligus chocolatier ternama di Texas mengatakan coklat berkualitas tinggi efektif untuk menonjolkan resep kue.

"Terapkan selera pribadi Anda dalam hal menggunakan susu atau cokelat hitam, lebih manis atau lebih pahit, tetapi carilah pilihan 'couverture' untuk menciptakan rasa yang lebih memuaskan," katanya.

Ilustrasi bahan banana bread termasuk baking powder dan yoghurt.SHUTTERSTOCK/ALENA_KOS Ilustrasi bahan banana bread termasuk baking powder dan yoghurt.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.