Kompas.com - 25/09/2021, 07:42 WIB
Ilustrasi makanan sehat. SHUTTERSTOCK/Tatjana BaibakovaIlustrasi makanan sehat.

KOMPAS.com - Gaya hidup, termasuk pola makan, berpengaruh besar terhadap risiko kita terkena penyakit stroke.

Beberapa jenis makanan yang perlu dibatasi misalnya saja makanan tinggi lemak jenuh, lemak trans, dan tinggi gula dan garam. Makanan itu dapat menyebabkan obesitas, hipertensi, dan juga kolesterol tinggi. 

Seperti diketahui stroke terjadi karena pecahnya pembuluh darah di otak. Pemicunya bisa karena trauma kepala, hipertensi, aneurisma, hingga penyempitan pembuluh darah.

Untuk mengurangi risiko stroke, cobalah untuk menambahkan makanan-makanan sehat berikut ini, seperti yang dilansir dari The Healthy.

Baca juga: Hati-hati, Duduk Terlalu Lama Bisa Tingkatkan Risiko Stroke

1. Ikan laut dalam seperti salmon

Menurut penelitan yang diterbitkan dalam jurnal Circulation, mengonsumsi makanan laut yang tidak digoreng sebanyak satu atau dua kali seminggu dapat menurunkan risiko stroke.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Para peneliti mengatakan bahwa lemak omega-3 dalam ikan berminyak seperti salmon, tuna, dan mackerel mampu mengurangi peradangan di arteri, membantu meningkatkan aliran darah, dan mengurangi kemungkinan pembekuan darah.

Makan lebih banyak ikan juga bisa berarti diet kita mengandung lebih sedikit makanan tidak sehat seperti daging merah dan daging olahan, yang memiliki lebih banyak lemak jenuh yang dapat menyumbat arteri.

Baca juga: Pahami, Pentingnya Nutrisi dari Ikan untuk Kesehatan

2. Oatmeal

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa makan oatmeal dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular seperti stroke. Konsumsi gandum utuh dan sumber serat secara rutin diketahui dapat menurunkan kadar LDL dan trigliserida.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.