Kompas.com - 15/10/2021, 21:10 WIB
Perut kembung adalah kondisi tidak nyaman yang membuat perut kita terasa penuh. FREEPIK/GONCALO COSTAPerut kembung adalah kondisi tidak nyaman yang membuat perut kita terasa penuh.

KOMPAS.com - Perut kembung adalah kondisi tidak nyaman yang membuat perut kita terasa penuh. Perut kembung bisa terjadi setelah kita mengonsumsi makanan tertentu, tapi bisa juga terjadi karena alasan yang tidak bisa dijelaskan.

Penyebab perut kembung

Perut kembung dapat mengganggu aktivitas harian kita karena menimbulkan ketidaknyamanan. SHUTTERSTOCK Perut kembung dapat mengganggu aktivitas harian kita karena menimbulkan ketidaknyamanan.
Perut kembung terjadi ketika saluran gastrointestinal (GI) dipenuhi udara atau gas. Kebanyakan orang menggambarkan perut kembung kembung sebagai kondisi ketika perut terasa penuh, kencang, atau bengkak.

Menurut Healthline, perut kembung sering disertai dengan gejala seperti nyeri, gas yang berlebihan, sering bersendawa atau perut berbunyi.

Perut kembung dapat mengganggu aktivitas harian kita karena menimbulkan ketidaknyamanan. Perut kembung umum dialami anak-anak dan dewasa.

Menurut MedicineNet, ada beberapa penyebab perut kembung yang umum terjadi, antara lain:

  • Sembelit: jarang buang air besar meninggalkan tinja di usus besar. Bakteri di usus akan terus memecahnya, yang kemudian menghasilkan gas.
  • Makan berlebihan: memasukkan terlalu banyak makanan ke dalam perut akan membuat perut meregang dan kita merasa penuh.
  • Makan makanan yang menyebabkan gas: beberapa makanan dapat menyebabkan perut kembung, termasuk kacang-kacangan, beberapa sayuran seperti kubis atau asparagus, dan pemanis buatan. Makanan tersebut sulit dicerna dan menyebabkan gas.
  • Menelan udara: makan dan minum terlalu cepat, minum minuman berkarbonasi, atau berbicara sambil makan dapat mendorong udara masuk ke perut dan menjadi penyebab perut kembung.

Dalam beberapa kasus, perut kembung merupakan gejala dari kondisi kesehatan serius yang harus dikonsultasikan dengan dokter.

Beberapa kemungkinan penyakit yang dapat menjadi penyebab perut kembung antara lain sindrom iritasi usus atau radang usus, gastroparesis, penyakit Celiac atau intoleransi makanan lainnya, serta kanker usus besar, ovarium, perut, dan pankreas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Perut Kembung? Bisa Jadi Ini 5 Penyebabnya!

Cara mengatasi perut kembung

Menurut Medical News Today, beberapa cara mengatasi perut kembung yang dapat dicoba, antara lain:

1. Jalan kaki

Aktivitas fisik dapat membuat usus bergerak lebih teratur sehingga dapat membantu melepaskan kelebihan gas dan tinja, serta menjadi salah satu cara mengatasi perut kembung.SHUTTERSTOCK Aktivitas fisik dapat membuat usus bergerak lebih teratur sehingga dapat membantu melepaskan kelebihan gas dan tinja, serta menjadi salah satu cara mengatasi perut kembung.
Aktivitas fisik dapat membuat usus bergerak lebih teratur sehingga dapat membantu melepaskan kelebihan gas dan tinja, serta menjadi salah satu cara mengatasi perut kembung.

Baca juga: 6 Manfaat Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan

2. Pose yoga

Beberapa pose yoga memosisikan otot-otot di perut pada posisi mendorong pelepasan gas berlebih dari saluran pencernaan dan menjadi cara mengatasi perut kembung.Shutterstock/fizkes Beberapa pose yoga memosisikan otot-otot di perut pada posisi mendorong pelepasan gas berlebih dari saluran pencernaan dan menjadi cara mengatasi perut kembung.
Beberapa pose yoga memosisikan otot-otot di perut pada posisi mendorong pelepasan gas berlebih dari saluran pencernaan dan menjadi cara mengatasi perut kembung.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.