Kompas.com - 27/10/2021, 15:09 WIB
Ilustrasi push up DragonImagesIlustrasi push up
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com – Memiliki otot dada yang kuat mungkin merupakan dambaan setiap pria. Tak mengherankan memang, sebab, memiliki tubuh berotot dianggap sebagai suatu kebanggaan dan diyakini dapat menunjang penampilan.

Namun, bagaimana cara membesarkan otot dada itu?

Ternyata, hanya perlu push-up.

Ya, menurut seorang influencer kebugaran, entrepreneur dan pelatih kekuatan Jeremy Ethier, hanya push up yang diperlukan untuk memperbesar dan menguatkan otot dada kita. Hal itu ia ungkapkan dalam video baru di kanal YouTube-nya.

Dalam videonya, Ethier mengutip sebuah studi 2018 yang melihat ke dalam dua pendekatan untuk membangun kekuatan di area dada.

Pada studi itu, kelompok pertama menggunakan beban yang semakin berat di bench press, sementara kelompok kedua menggunakan serangkaian variasi push-up yang secara bertahap kesulitannya ditingkatkan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 5 Manfaat Push Up, Bolehkah Dilakukan Setiap Hari?

Hasilnya, setelah empat minggu, kelompok push-up menunjukkan peningkatan kekuatan tubuh bagian atas dan pertumbuhan otot yang sama besarnya dengan kelompok bench press.

Ethier menggunakan temuan penelitian ini sebagai dasar untuk program workout dada tanpa peralatannya, yang terdiri dari tiga latihan push-up per minggu, yang masing-masing berfokus pada elemen yang berbeda: keterampilan, kekuatan, dan daya tahan.

Program workout yang dibuat Ethier itu menggunakan rangkaian gerakan push-up berbeda, bergantung dengan tingkat kekuatan tubuh bagian atas kita saat memulainya.

Jadi, ia menyarankan agar kita memulainya dengan menguji kemampuan kita terlebih dahulu, dengan melakukan push-up sebanyak mungkin dan memastikan bahwa kita merentangkan lengan sepenuhnya pada setiap repetisi.

Baca juga: Manfaat Push Up Jika Dilakukan Setiap Hari

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.