Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/11/2021, 10:04 WIB
Anya Dellanita,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Makanan dan kesehatan memang terkait erat. Karena itu, saat ada masalah yang terjadi dalam tubuh, penting untuk mengubah pola makan.

Misalnya saja, saat kolesterol meningkat, kita harus menghindari makanan berlemak seperti keju atau daging merah, dan memperbanyak konsumsi sayuran dan daging unggas tanpa lemak.

Hal yang sama juga terkadang berlaku jika kita mengalami masalah kulit seperti eksim.

Eksim adalah penyakit kulit paling umum yang biasa dikenal sebagai dermatitis atopic dan biasanya membuat kulit merah dan gatal.

Baca juga: Ternyata, Stres Dapat Picu Munculnya Eksim

Dokter spesialis kesehatan keluarga Saadia Hussain mengatakan, eksim bisa terjadi pada beberapa orang yang memang memiliki intoleransi atau alergi tertentu terhadap sesuatu, mirip dengan penderita asma.

“Jika pengidap alergi menemukan jenis tanaman tertentu, sesuatu di lingkungan, atau jenis bulu binatang tertentu, asma akan meningkat. Sama halnya dengan eksim,” kata Hussain.

“Mungkin ada sesuatu yang membuat tubuh tidak bereaksi dengan baik, dan ketika itu terjadi, mereka mengalami eksim,” tambah dia.

Sayangnya, menemukan makanan tertentu yang memicu gejala eksim tergolong sulit karena setiap orang memiliki kepekaan berbeda.

Apa yang mengganggu dan menyebabkan eksim pada kita mungkin tidak memiliki efek yang sama pada orang lain.

Kendati demikian, Hussain mengatakan, makanan dengan sifat anti-inflamasi baik untuk hampir semua kondisi inflamasi kulit kulit, seperti eksim, psoriasis, dan eksim dishidrotik.

Jadi, konsumsilah rempah-rempah seperti kunyit dan jahe yang dikenal karena manfaat anti-inflamasinya.

Lalu, untuk diet bagi penderita eksim, bisa mencoba beberapa diet pola makan berikut ini.

  • Diet anti-inflamasi

Diet anti-inflamasi memiliki banyak manfaat, termasuk menghilangkan rasa sakit dan mengurangi gejala kondisi kronis seperti fibromyalgia.

Baca juga: 10 Penyebab Selangkangan Gatal dan Cara Mengatasinya

Diet ini juga sangat membantu untuk mengatasi gejala eksim, yang dapat disebabkan oleh stres, sistem kekebalan tubuh bereaksi berlebihan terhadap alergen, atau iritasi di lingkungan.

Diet anti-inflamasi membatasi produk susu, biji-bijian, daging merah, tepung dan gula, dan memperbanyak konsumsi sayuran dan ikan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com