Kompas.com - 05/11/2021, 10:04 WIB

KOMPAS.com – Makanan dan kesehatan memang terkait erat. Karena itu, saat ada masalah yang terjadi dalam tubuh, penting untuk mengubah pola makan.

Misalnya saja, saat kolesterol meningkat, kita harus menghindari makanan berlemak seperti keju atau daging merah, dan memperbanyak konsumsi sayuran dan daging unggas tanpa lemak.

Hal yang sama juga terkadang berlaku jika kita mengalami masalah kulit seperti eksim.

Eksim adalah penyakit kulit paling umum yang biasa dikenal sebagai dermatitis atopic dan biasanya membuat kulit merah dan gatal.

Baca juga: Ternyata, Stres Dapat Picu Munculnya Eksim

Dokter spesialis kesehatan keluarga Saadia Hussain mengatakan, eksim bisa terjadi pada beberapa orang yang memang memiliki intoleransi atau alergi tertentu terhadap sesuatu, mirip dengan penderita asma.

“Jika pengidap alergi menemukan jenis tanaman tertentu, sesuatu di lingkungan, atau jenis bulu binatang tertentu, asma akan meningkat. Sama halnya dengan eksim,” kata Hussain.

“Mungkin ada sesuatu yang membuat tubuh tidak bereaksi dengan baik, dan ketika itu terjadi, mereka mengalami eksim,” tambah dia.

Sayangnya, menemukan makanan tertentu yang memicu gejala eksim tergolong sulit karena setiap orang memiliki kepekaan berbeda.

Apa yang mengganggu dan menyebabkan eksim pada kita mungkin tidak memiliki efek yang sama pada orang lain.

Kendati demikian, Hussain mengatakan, makanan dengan sifat anti-inflamasi baik untuk hampir semua kondisi inflamasi kulit kulit, seperti eksim, psoriasis, dan eksim dishidrotik.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.