Kompas.com - 18/11/2021, 10:58 WIB
Beberapa penelitian menunjukkan, minum air putih dingin membantu meningkatkan metabolisme karena tubuh bekerja sedikit lebih keras saat mencoba menghangatkannya. SHUTTERSTOCKBeberapa penelitian menunjukkan, minum air putih dingin membantu meningkatkan metabolisme karena tubuh bekerja sedikit lebih keras saat mencoba menghangatkannya.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Selain berfokus pada perencanaan makan dan berolahraga, memperhatikan kebiasaan minum sehari-hari juga menjadi faktor yang penting dalam proses penurunan berat badan.

Apalagi, ketika kita terlalu banyak mengonsumsi minuman yang tidak sehat seperti soft drink atau minuman manis. Itu semua adalah awal mula dari kegagalan diet.

Untuk menciptakan kebiasaan minum yang lebih sehat saat menurunkan berat badan, para ahli nutrisi pun membuat daftar lengkap yang dapat kita ikuti, seperti berikut ini.

1. Minum lebih banyak air putih

Kita semua pasti tahu pentingnya minum cukup air sepanjang hari untuk membantu menurunkan berat badan.

"Air adalah pilihan pertama saat mencari sesuatu untuk diminum dan menurunkan berat badan," kata ahli nutrisi dan penulis FeastGood, Brenda Peralta, RD.

"Tubuh kita terdiri dari 60 persen air. Tidak heran mengapa kita membutuhkan lebih banyak air untuk berfungsi dengan baik," sambung dia.

Dengan minum banyak air, semuanya akan berjalan lancar. Kita dapat buang air besar dengan baik dan minum air putih juga membantu kita merasa kenyang.

"Cukup terhidrasi sangat penting dalam mengatur nafsu makan kita," terang ahli nutrisi, Claudia Hleap, MS, RD, LDN.

Satu studi dari European Journal of Nutrition menunjukkan bahwa orang yang minum air dalam jumlah yang cukup sebelum makan dapat mengurangi asupan kalori untuk pria non-obesitas.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber Eat This
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.