Kompas.com - 23/11/2021, 11:23 WIB
Sarapan idealnya dilakukan dalam dua jam setelah bangun tidur dan tidak lebih dari jam 09.00. SHUTTERSTOCkSarapan idealnya dilakukan dalam dua jam setelah bangun tidur dan tidak lebih dari jam 09.00.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Sarapan telah lama dipuji sebagai waktu makan terpenting, bahkan disebut-sebut mampu membantu pengendalian berat badan.

Namun, ternyata sarapan pagi untuk mencegah rasa lapar dan menghindari makan berlebihan di siang dan malam hari mungkin merupakan nasihat yang masih layak dipertanyakan.

Sebab, menurut dekan Indiana University School of Public Health di Bloomington, David Allison, apakah seseorang sarapan atau tidak, keduanya sama-sama tidak terlalu memengaruhi berat badan.

"Hasilnya saat ini tampak cukup jelas," terang Allison yang telah melakukan penelitian tentang masalah ini.

Jadi, bagaimana nasihat konvensional bahwa makan sarapan baik untuk lingkar pinggang kita dan mengapa gagasan ini terus bertahan?

Baca juga: 12 Menu Sarapan untuk Diet, Lezat, dan Bergizi

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kemunculan gagasan sarapan baik untuk penurunan berat badan

Dimulai pada awal abad ke-20, pembuat sereal Amerika dan produsen makanan C.W. Post mengeluarkan iklan yang menyatakan bahwa sarapan adalah waktu makan yang paling penting.

Mereka mengeklaim bahwa Grape-Nuts --yang merupakan menu sarapan-- dapat menyehatkan tubuh, mulai dari membantu anak-anak tumbuh hingga meningkatkan kekuatan otak orang dewasa.

"Karena teknik promosinya yang inovatif, pengaruh iklan Post pada sarapan sangat besar," tulis sejarawan makanan Abigail Carroll dalam bukunya Three Squares: The Invention of the American Meal.

Iklan Post tidak hanya membuat orang berpikir apa yang orang makan, tetapi juga apa yang mereka harapkan dari sarapan untuk kesehatan mereka.

Kemudian, pada tahun 1950-an, iklan untuk Grape-Nuts menggembar-gemborkan dampak sarapan terhadap berat badan.

Halaman:


Sumber yahoo.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.