Kompas.com - 25/01/2022, 12:28 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Mencoba untuk menurunkan berat badan tidak pernah mudah dan akan menjadi semakin sulit ketika kita sudah berumur.

Untuk orang-orang yang berusia 50 tahun ke atas, misalnya, menurunkan berat badan dapat menghadirkan banyak tantangan unik dibandingkan dengan mereka yang lebih muda.

"Menurunkan berat badan setelah usia 50 menjadi lebih sulit karena seiring bertambahnya usia, tingkat metabolisme melambat akibat hilangnya otot," kata ahli diet di The Ohio State University Wexner Medical Center, Lori Chong, RDN, LD.

"Memiliki lebih banyak otot meningkatkan laju metabolisme, sedangkan lebih sedikit massa otot akan menurunkan laju metabolisme," jelas dia.

Chong juga mencatat bahwa bagi wanita, menurunkan berat badan setelah usia 50 juga bisa sulit karena perubahan hormonal yang terjadi sebelum dan setelah menopause.

"Selain itu, ini adalah masa kehidupan di mana kita bisa sangat sibuk dengan berbagai hal," ungkapnya.

"Jika semuanya digabungkan, bisa menyebabkan stres dan kurang tidur sehingga tingkat insulin meningkat dan keinginan untuk mengonsumsi makanan berlemak atau tinggi gula juga meningkat," sambung dia.

Baca juga: 6 Makanan yang Bisa Tunda Penuaan bagi Pria di Atas 50 Tahun

Nah, untuk itu, bagi orang-orang berusia 50 tahun yang ke atas yang sedang berjuang menurunkan berat badan, cobalah beberapa tips ampuh seperti berikut ini.

1. Mulai latihan kekuatan

"Kita dapat melakukan latihan kekuatan dengan latihan beban tubuh, band resistensi, atau beban," kata Chong.

"Ini membantu meminimalkan kehilangan otot dan karenanya meminimalkan penurunan metabolisme itu," lanjut dia.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Eat This
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.