Kompas.com - 21/03/2022, 15:01 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Saat ini, ada cukup banyak pilihan makanan solid bagi bayi yang berusia enam bulan ke atas alias sudah memasuki usia siap mengonsumsi Makanan Pendamping ASI (MP-ASI).

Bahkan, ada makanan dalam pouch yang membuat memberi makan bayi lebih praktis sehingga bayi bisa memegangnya dengan mudah.

Namun, apakah makanan seperti itu tepat untuk bayi? Lalu, apa saja yang perlu diperhatikan sebelum memberi makanan solid bagi bayi?

Simak jawabannya, berikut ini.

Perkenalkan makanan solid tepat di usia enam bulan

Ahli gizi Katie Barnes mengatakan bahwa pada usia enam bulan, pertumbuhan dan perkembangan bayi semakin cepat, sehingga membutuhkan lebih banyak kalori dan nutrisi selain dari ASI.

Mulai memakan makanan solid dapat memberi manfaat pada otak dan tubuh,

“Selain memberikan nutrisi yang sangat dibutuhkan, ini membantu bayi mengasah keterampilan motorik taktilnya, dan mendukung lapisan usus untuk menyerap nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh,” kata ahli diet klinis di Nemours Children’s Hospital Molly Beitman,

Sementara itu, dokter anak dan dokter medis darurat anak Dina Kulik mengatakan bahwa memperkenalkan makanan solid di usia enam bulan dapat menurunkan risiko alergi makanan.

Baca juga: Bahaya Pemberian MPASI Terlalu Dini pada Anak Menurut Dokter

Tak perlu melakukan parent-shame gara-gara makanan kemasan

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Huffpost
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.