Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memberi Bayi Makanan Solid

Kompas.com - 21/03/2022, 15:01 WIB
Anya Dellanita,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Huffpost

KOMPAS.com - Saat ini, ada cukup banyak pilihan makanan solid bagi bayi yang berusia enam bulan ke atas alias sudah memasuki usia siap mengonsumsi Makanan Pendamping ASI (MP-ASI).

Bahkan, ada makanan dalam pouch yang membuat memberi makan bayi lebih praktis sehingga bayi bisa memegangnya dengan mudah.

Namun, apakah makanan seperti itu tepat untuk bayi? Lalu, apa saja yang perlu diperhatikan sebelum memberi makanan solid bagi bayi?

Simak jawabannya, berikut ini.

Perkenalkan makanan solid tepat di usia enam bulan

Ahli gizi Katie Barnes mengatakan bahwa pada usia enam bulan, pertumbuhan dan perkembangan bayi semakin cepat, sehingga membutuhkan lebih banyak kalori dan nutrisi selain dari ASI.

Mulai memakan makanan solid dapat memberi manfaat pada otak dan tubuh,

“Selain memberikan nutrisi yang sangat dibutuhkan, ini membantu bayi mengasah keterampilan motorik taktilnya, dan mendukung lapisan usus untuk menyerap nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh,” kata ahli diet klinis di Nemours Children’s Hospital Molly Beitman,

Sementara itu, dokter anak dan dokter medis darurat anak Dina Kulik mengatakan bahwa memperkenalkan makanan solid di usia enam bulan dapat menurunkan risiko alergi makanan.

Baca juga: Bahaya Pemberian MPASI Terlalu Dini pada Anak Menurut Dokter

Tak perlu melakukan parent-shame gara-gara makanan kemasan

Ada orangtua yang membuat puree atau bubur dari apapun yang ada di rumahnya, dan ada pula orangtua yang lebih menyukai makanan kemasan yang praktis dan aman untuk bayinya.

“Ini adalah pilihan yang sangat baik untuk banyak keluarga, terutama mereka yang membutuhkan pengasuh lain untuk memberi makan bayinya, atau ketika perlu memberi makan bayi saat jauh dari rumah,” kata Barnes.

Sayangnya, ada banyak ibu yang melakukan mom-shaming (mempermalukan) hanya gara-gara ibu lain memilih makanan kemasan.

“Jika itu adalah hal yang cocok untuk memberi makan bayi Anda, tidak perlu ada rasa malu atau rasa bersalah. Bayi masih bisa mendapatkan nutrisi yang baik bahkan jika mereka tidak makan makanan bayi buatan sendiri secara eksklusif,” ujar Barnes.

Jangan masukkan makanan dari pouch langsung ke mulut bayi

Halaman:
Sumber Huffpost
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com