Kompas.com - 25/03/2022, 12:36 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Seiring bertambahnya usia, menurunkan berat badan bisa menjadi salah satu hal yang menantang.

Apalagi kondisi tubuh kita seperti metabolisme, hormon, pola tidur, dan kebiasaan makan dapat mengalami beberapa perubahan besar setiap tahun.

Bagi kita yang saat ini telah menginjak usia 50-an atau lebih dan masih ingin mencoba menurunkan berat badan, sebenarnya ada cara mudah dengan usaha minimal untuk melakukannya.

Baca juga: 7 Cara Ampuh Menurunkan Berat Badan Setelah Berusia 50 Tahun

Nah, untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak penuturan para ahli diet ahli mengenai tips penurunan berat badan di usia 50-an tanpa usaha berlebih berikut ini.

1. Beralih ke oatmeal

Jika kita terbiasa makan nasi, muffin, donat, atau kue kering manis lainnya untuk sarapan, ahli diet memperingatkan bahwa kita mungkin harus beralih ke sesuatu yang lebih rendah gula seperti oatmeal.

"Mengganti sarapan pagi dengan semangkuk oatmeal adalah cara sederhana untuk membantu memulai upaya penurunan berat badan," kata ahli diet di Balance One Supplements, Trista Best, MPH, RD, LD.

Menurut Best, beralih ke oatmeal sangat bermanfaat karena makanan ini kaya akan serat yang dapat membantu kita merasa kenyang lebih lama, serta membantu mencegah lonjakan glukosa.

"Kedua efek samping ini akan membantu penurunan berat badan dengan mencegah makan berlebihan dan penyimpanan lemak yang cepat," ungkapnya.

2. Ganti minuman manis dengan air putih

Minuman manis seperti soft drink, jus buah, dan cokelat atau kopi manis mengandung banyak gula tambahan, sehingga bisa menambah berat badan dengan cepat.

"Minum terlalu banyak gula memiliki efek merugikan pada kesehatan secara keseluruhan, termasuk mengembangkan diabetes tipe 2 yang mengarah ke kondisi obesitas," terang Courtney D'Angelo, MS, RD, penulis di Go Wellness.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Eat This
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.