Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Semangka untuk Pria, Bisa Jadi Obat Kuat Alami

Kompas.com - 14/02/2023, 14:29 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Buah semangka yang manis dan segar rupanya memiliki khasiat untuk dijadikan obat kuat alami.

Ya, buah yang tinggi kadar airnya ini dikenal dapat membantu pria mengurangi risiko penurunan kemampuan seksual seperti disfungsi ereksi yang disebabkan oleh faktor usia.

Terdapat sejumlah kandungan penting dari semangka yang kerap diyakini mampu merangsang aliran darah ke penis untuk mengatasi gangguan seksual pada pria.

Baca juga: 3 Langkah Mengatasi Disfungsi Ereksi Tanpa Obat Kuat 

Fakta khasiat semangka sebagai obat kuat alami

 

Ilustrasi semangka kuning.SHUTTERSTOCK/DEENIDA Ilustrasi semangka kuning.

Semangka kaya akan asam amino yang disebut L-citrulline yang dapat membantu melancarkan aliran darah di seluruh tubuh, termasuk pada penis.

Tak heran jika senyawa pada semangka itu kemudian diekstraksi menjadi obat herbal atau dalam bentuk suplemen untuk pengobatan disfungsi ereksi.

L-citrulline merupakan asam amino nonesensial yang terkandung di dalam semangka dalam jumlah yang tinggi.

Pada varietas semangka, menurut penelitian akan lebih tinggi pada semangka oranye atau kuning daripada semangka merah biasa.

L-citrulline ternyata tidak cuma ada di semangka, tapi juga ada di beberapa jenis makanan lain tapi jumlahnya tidak seperti semangka. Makanan tersebut adalah bawang putih, ikan dan kacang-kacangan.

Manfaat dari senyawa ini adalah dapat meningkatkan pelebaran pembuluh darah, mengurangi tekanan darah sehingga sirkulasi darah ke seluruh tubuh termasuk penis menjadi lebih baik.

Senyawa L-citrulline juga bisa merangsang enzim yang disebut cGMP, yang memainkan peran langsung dalam aliran darah.

Menurut sebuah studi yang diterbitkan di jurnal Urology, tercatat 24 pria yang mengonsumsi suplemen L-citrulline selama sebulan melaporkan adanya perubahan ringan pada gejala disfungsi ereksi yang dialami.

Selain itu, studi lain pada aktivitas seksual tikus jantan juga menunjukkan adanya peningkatan aktivitas seksual yang lebih tinggi.

Baca juga: 5 Buah untuk Turunkan Kolesterol Tinggi, dari Jeruk hingga Semangka 

Manfaat dan efek samping semangka

Ilustrasi semangka, semangka termasuk salah satu buah yang bisa menurunkan darah tinggi.Shutterstock/Vitalii Matokha Ilustrasi semangka, semangka termasuk salah satu buah yang bisa menurunkan darah tinggi.

Melansir laman Healthline, pria dengan gangguan disfungsi ereksi ringan hingga sedang mungkin bisa mendapatkan manfaat dari mengonsumsi L-citrulline baik dari suplemen atau semangka segar.

Halaman:
Sumber Healthline
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com