Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 11/06/2023, 13:15 WIB
Dinno Baskoro,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Oatmeal menjadi salah satu jenis makanan berbasis gandum yang sangat populer dalam membantu menurunkan berat badan.

Oatmeal dianggap lebih sehat dan efektif karena mengandung serat, karbohidrat kompleks dan protein yang baik bagi tubuh.

Di samping itu, oat juga kaya nutrisi seperti magnesium, serat hingga seng yang dapat membantu menurunkan kolesterol, meningkatkan kesehatan usus dan menurunkan berat badan.

Baca juga: 5 Manfaat Makan Oatmeal Setiap Hari 

Fakta oatmeal untuk menurunkan berat badan

Oatmeal memang dipercaya dapat membantu proses penurunan berat badan, tetapi tidak semua oatmeal punya nilai manfaat yang sama.

Perbedaannya terletak pada jenis oat, karena di pasaran ada beberapa jenis oatmeal seperti steel-cut, rolled oat, quick atau oat instan.

Jika mencari manfaat yang baik dalam penurunan berat badan, tentu oat yang minim proses akan lebih baik. Maka pilihannya bisa ke rolled oat atau steel-cut oat yang dianggap paling sehat.

Tetapi secara keseluruhan, dokter Chaim Ross, MD, seorang ahli gastroenterologi di NYU Langone, Great Neck Medical, New York, AS, kita dapat merasakan manfaat oat secara keseluruhan terlepas dari jenisnya.

"Oat dapat membantu kita merasa kenyang, mengurangi lonjakan gula dan menurunkan insulin. Itu adalah khasiat oat yang membuat kita bisa berhenti makan berlebihan," ungkapnya, seperti dilansir Insider.

Ketika oat rutin dikonsumsi, maka di dalam tubuh oat itu akan memberikan sejumlah efek sebagai berikut dalam penurunan berat badan.

1. Kenyang lebih lama

Oatmeal dapat membuat kita merasa kenyang sekaligus membantu mengatur pergerakan usus.

Serat yang terkandung pada oat adalah jenis serat larut yang berfungsi melembutkan tekstur feses, membuatnya lebih mudah dikeluarkan.

Serat ini juga mengatur rasa lapar yang membentuk formula di dalam pencernaan sehingga membuat kita merasa kenyang lebih lama.

2. Menjaga gula darah

Manfaat lain dari makan oat adalah bisa mencegah kadar gula darah melonjak setelah mengonsumsinya.

Kata dokter Ross, manfaat ini akan lebih baik jika kita konsumsi rolled oat yang memiliki indeks glikemik rendah, bisa membantu mencegah kenaikan gula darah secara drastis.

"Oatmeal dapat menjaga gula darah agar tidak melonjak terlalu tinggi setelah makan. Kondisi itu bisa membantu menahan rasa lapar lebih lama," kata dokter Ross.

Baca juga: Doyan Sarapan Sehat? Ini 5 Manfaat Makan Oatmeal Setiap Hari 

Ilustrasi oatmeal Ilustrasi oatmeal

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com