Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 11/06/2023, 13:15 WIB
Dinno Baskoro,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Oatmeal menjadi salah satu jenis makanan berbasis gandum yang sangat populer dalam membantu menurunkan berat badan.

Oatmeal dianggap lebih sehat dan efektif karena mengandung serat, karbohidrat kompleks dan protein yang baik bagi tubuh.

Di samping itu, oat juga kaya nutrisi seperti magnesium, serat hingga seng yang dapat membantu menurunkan kolesterol, meningkatkan kesehatan usus dan menurunkan berat badan.

Baca juga: 5 Manfaat Makan Oatmeal Setiap Hari 

Fakta oatmeal untuk menurunkan berat badan

Oatmeal memang dipercaya dapat membantu proses penurunan berat badan, tetapi tidak semua oatmeal punya nilai manfaat yang sama.

Perbedaannya terletak pada jenis oat, karena di pasaran ada beberapa jenis oatmeal seperti steel-cut, rolled oat, quick atau oat instan.

Jika mencari manfaat yang baik dalam penurunan berat badan, tentu oat yang minim proses akan lebih baik. Maka pilihannya bisa ke rolled oat atau steel-cut oat yang dianggap paling sehat.

Tetapi secara keseluruhan, dokter Chaim Ross, MD, seorang ahli gastroenterologi di NYU Langone, Great Neck Medical, New York, AS, kita dapat merasakan manfaat oat secara keseluruhan terlepas dari jenisnya.

"Oat dapat membantu kita merasa kenyang, mengurangi lonjakan gula dan menurunkan insulin. Itu adalah khasiat oat yang membuat kita bisa berhenti makan berlebihan," ungkapnya, seperti dilansir Insider.

Ketika oat rutin dikonsumsi, maka di dalam tubuh oat itu akan memberikan sejumlah efek sebagai berikut dalam penurunan berat badan.

1. Kenyang lebih lama

Oatmeal dapat membuat kita merasa kenyang sekaligus membantu mengatur pergerakan usus.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com