Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Hal yang Dapat Menyebabkan Sakit Perut di Pagi Hari

Kompas.com - 14/08/2023, 09:49 WIB
Putri Aulia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Sakit perut di pagi hari umumnya tidak perlu dikhawatirkan, namun hal ini juga tidak boleh diabaikan apalagi jika sakit itu tak kunjung sembuh. Rasa sakit yang terus-menerus dapat mengindikasikan adanya masalah serius, jadi segera dapatkan bantuan medis.

Biasanya, sakit perut di pagi hari penyebabnya bermacam-macam. Penyebabnya bisa karena sesuatu yang kita makan pada malam sebelumnya, peradangan, atau ingin buang air besar.

Berikut ini adalah 10 penyebab potensial sakit perut di pagi hari.

Luka lambung

Luka di lambung dapat menyebabkan rasa sakit seperti terbakar atau nyeri di bagian tengah perut, di ruang antara dada dan pusar.

Nyeri dapat terjadi kapan saja, tetapi seseorang bisa merasa lebih tidak nyaman di pagi hari karena nyeri dapat timbul saat perut dalam keadaan kosong.

Salah satu obat yang bisa dikonsumsi adalah antasida. Obat dengan kandungan antasida juga telah dijual bebas namun, jika sakit makin memburuk atau telah menyebabkan lubang di dinding perut segera temui dokter.

Baca juga: 9 Perubahan Gaya Hidup untuk Mengatasi Masalah Asam Lambung

Sindrom Iritasi usus besar

Sindrom iritasi usus besar adalah suatu kondisi yang mempengaruhi usus besar. Kondisi ini dapat menyebabkan rasa sakit di sisi kanan bawah atau kiri bawah perut. Gejala lainnya seperti, diare atau konstipasi, gas yang berlebihan, lendir dalam tinja dan kembung.

Tak hanya itu, makanan tertentu dan stres juga bisa memicu sindrom iritasi usus besar, seperti produk susu, minuman berkarbonasi dan makanan yang digoreng atau berlemak.

Meski begitu, ada beberapa kebiasaan yang dapat mengurangi sindrom iritasi usus besar ini, seperti berolahraga secara teratur, mempraktikkan manajemen stres, mengonsumsi suplemen serat atau obat anti-diare.

Ada pula sejumlah obat-obatan yang bisa mengatasi sindrom ini, namun kita harus bicarakan dengan dokter jika gejala tidak membaik dengan pengobatan rumahan.

Penyakit radang usus

Penyakit radang usus atau yang umum disebut penyakit crohn dan kolitis dapat menyebabkan nyeri perut di sekitar pusar atau perut kanan bawah, dan beberapa orang mengalami nyeri di pagi hari.

Penyakit Crohn dapat memengaruhi seluruh saluran pencernaan dan menyebabkan gejala lain, seperti diare, penurunan berat badan, anemia, mual dan kelelahan.

Stres, makanan dan minuman seperti minuman bersoda dan makanan berserat tinggi dapat memperburuk gejalanya.

Sementara, kolitis ulserativa hanya memengaruhi usus besar gejalanya seperti diare berdarah, peningkatan urgensi usus, energi rendah dan penurunan berat badan.

Baca juga: 11 Gangguan Sistem Pencernaan dan Cara Mengatasinya

Sembelit

Sembelit mengacu pada aktivitas buang air besar yang kurang dari tiga kali dalam seminggu. Aktivitas usus yang tidak teratur dapat menyebabkan gas terperangkap di saluran usus yang bisa mengakibatkan kram parah di perut bagian bawah pada pagi hari dan di waktu-waktu lain dalam sehari.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber Healthline


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com