Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tips Masak Salmon yang Dapat Meningkatkan Rasa dan Kualitas

Kompas.com - 08/11/2023, 10:56 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Yahoo

KOMPAS.com - Ikan salmon termasuk dalam bahan pangan yang bisa diolah menjadi berbagai hidangan lezat. Tak hanya itu, daging ikan ini juga bernutrisi tinggi.

Dipenuhi dengan asam lemak omega-3 yang menghasilkan energi dan membangun dinding sel di seluruh tubuh, salmon menawarkan perpaduan rasa dan nutrisi yang luar biasa.

Terlepas dari popularitasnya, memasak ikan salmon ternyata tidak bisa sembarangan. Karena dalam banyak kasus, metode memasak yang tidak tepat bisa membuat rasa dan kualitas ikan salmon menurun.

Tapi kita tidak perlu khawatir. Sebab, ada banyak tips dan panduan umum mengolah ikan ini menjadi hidangan yang begitu lezat.

Tips masak ikan salmon

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak 6 tips memasak ikan salmon yang dapat meningkatkan rasa dan kualitasnya sebagai berikut.

Baca juga: Amankah Menyantap Salmon Mentah?

1. Gunakan kertas perkamen dalam wajan, cegah salmon lengket

Kertas perkamen biasa digunakan untuk melapisi loyang saat membuat makanan yang dipanggang seperti kue.

Sampai sekarang, mungkin tidak pernah terpikir oleh kita untuk menggunakan kertas tersebut di dalam wajan untuk membuatnya antilengket.

Namun, ternyata, memasak di dalam wajan dengan kertas perkamen bisa menghasilkan hasil yang spektakuler.

Metode ini terbukti sangat berguna terutama untuk ikan, yang terkenal sangat mudah lengket. Hal ini juga berlaku pada ikan salmon yang membuatnya tetap renyah saat dimasak.

Menurut seorang chef dan penulis buku masak, J. Kenji Lopez-Alt, memasak dengan kertas perkamen harusnya aman pada suhu hingga 232 derajat celsius, yang merupakan suhu yang sering digunakan untuk memanggang kue dengan kertas perkamen.

Wajan stainless steel sangat bagus untuk memasak tetapi bisa jadi sulit dibersihkan. Namun, trik kertas perkamen ini dapat mengubahnya.

Dengan mencegah salmon lengket dan membuat salmon lebih mudah dibalik, kertas perkamen dapat digunakan untuk menghemat waktu.

Baca juga: 3 Cara Simpan Salmon Fillet, Tahan hingga Sebulan

Salmonpexels.com Salmon

2. Rendam salmon dalam susu untuk menetralisir aromanya

Meskipun lezat, bau ikan sering dianggap tidak sedap. Tentu saja, ikan segar tidak boleh terlalu berbau. Jika ikan memiliki aroma asam atau tekstur berlendir, itu adalah tanda-tanda bahwa ikan tersebut sudah busuk dan tidak aman untuk dimakan.

Namun, kenyataannya, aroma ikan yang sangat segar sekalipun masih bisa sedikit mengganggu, terutama jika aromanya semakin kuat saat dimasak di dapur.

Untungnya, ada bahan rahasia yang bisa digunakan untuk mengimbangi bau salmon dan kemungkinan besar kita sudah memilikinya di kulkas.

Merendam salmon dalam susu sebelum dimasak, misalnya, telah terbukti dapat menetralkan aromanya.

Protein susu, yang mengandung asam amino bergizi, mengikat asam lemak yang terkandung dalam salmon dan mengurangi aromanya.

Pengujian telah menunjukkan bahwa merendam salmon dalam susu selama 20 menit saja dapat memberikan hasil yang luar biasa, dan secara praktis menghilangkan bau amisnya.

Halaman:
Sumber Yahoo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com