Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

17 Hal yang Menunjukkan Rambutmu Mungkin Beruban Lebih Cepat

Kompas.com - 28/02/2024, 12:55 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber Best Life

KOMPAS.com - Jika kamu melihat uban perak, abu-abu, atau putih bermunculan di rambutmu, maka akan sulit menghindari dan membalikkan proses tersebut, kecuali dengan pewarna rambut. 

Namun kemunculan uban sebenarnya bisa kita ramalkan sejak jauh-jauh hari karena sebagian disebabkan oleh faktor biologis, dan sebagian lagi disebabkan oleh gaya hidup. 

Dan jika kamu mengenali tandanya sejak dini —atau mempelajari apa yang tidak boleh dilakukan jika ingin mempertahankan warna alami rambut— kamu mungkin bisa memperlambatkemunculannya. 

Baca juga: Ketahui,7 Alasan Rambut Beruban Lebih Cepat

Tanda rambut akan beruban

1. Terus-menerus stres

Stres bisa membuat Anda mudah lapar.pexels.com Stres bisa membuat Anda mudah lapar.
Menurut Karla Robinson, MD, editor medis di GoodRx, penelitian menunjukkan bahwa tingkat stres yang tinggi dapat menyebabkan rambut beruban sebelum waktunya.

“Para peneliti menyimpulkan bahwa hal ini terjadi karena hormon stres noradrenalin merusak sel-sel di folikel rambut yang bertanggung jawab atas pigmen. Tanpa sel-sel penghasil pigmen ini, rambut menjadi abu-abu,” jelasnya.

2. Pernah mengalami trauma

Menurut Scientific American, peristiwa traumatis dapat memengaruhi seluruh tubuh kita —bahkan merusak folikel rambut. 

Pada dasarnya, peristiwa yang sangat menegangkan dapat menghasilkan segerombolan radikal bebas di folikel rambut, yang menyebar di sepanjang batang rambut, menghancurkan pigmennya dengan cara yang mirip dengan efek pemutihan.

3. Berkulit putih

Ras dan keturunan adalah faktor terbesar yang berkontribusi terhadap munculnya uban.

“Misalnya, jika kamu berkulit putih, uban akan dimulai pada pertengahan usia 30-an, sedangkan keturunan Asia akan melihat proses ini dimulai pada akhir usia 30-an. Dan orang-orang keturunan Afrika biasanya tidak akan melihat uban sampai pertengahan usia mereka, 40an," jelas Robinson. 

Hal ini mungkin terjadi karena perbedaan kandungan melanin, ketebalan rambut, dan bentuk batang rambut antar etnis. 

Baca juga: Studi: Stres Bisa Membuat Rambut Cepat Beruban

4. Menghabiskan terlalu banyak waktu di bawah sinar matahari

Ilustrasi kepanasan.Dok. Shutterstock/Pheelings media Ilustrasi kepanasan.
Kamu mungkin tahu cara melindungi kulit dari sinar matahari, tapi tahukah sinar UV juga bisa mempercepat proses kemunculan uban?

“Ini karena sinar UV meningkatkan stres oksidatif pada folikel rambut,” kata Robinson. “Jika ini terjadi, akan ada lebih banyak radikal bebas di folikel rambut yang dapat menyebabkan kehilangan pigmen dan berubah menjadi abu-abu.”

Untuk mencegahnya, kenakan topi saat berada di bawah sinar matahari atau gunakan krim atau semprotan rambut yang melindungi dari paparan UVA/UVB.

5. Minum banyak alkohol

Meskipun tidak sepenuhnya jelas seberapa banyak konsumsi alkohol memicu munculnya uban, menurut Robinson, hal ini bisa menjadi salah satu faktornya. “Hal ini diduga disebabkan oleh peradangan dan stres oksidatif yang dipicu oleh alkohol,” jelasnya.

6. Merokok

Seiring dengan banyaknya risiko kesehatan lainnya dari merokok, kebiasaan tersebut juga dapat menyebabkan rambut menjadi beruban lebih awal.

Halaman:
Sumber Best Life
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com