Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laki-laki Cenderung Berteman dengan Orang yang Beda Selera Perempuan

Kompas.com - 27/05/2024, 09:05 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

Sumber NY Post

KOMPAS.com - Laki-laki ternyata cenderung berteman dengan orang yang memiliki selera berbeda dalam hal perempuan. Setuju?

Hal ini setidaknya ditemukan melalui sebuah riset yang dipublikasikan di Journal of Social and Personal Relationship pada Januari 2024, seperti dilansir dari NY Post.

Para peneliti studi menemukan bahwa kompetisi dalam menggaet lawan jenis bisa menyebabkan gesekan dalam hubungan pertemanan. Oleh karena itu, mereka cenderung tidak berteman dengan orang yang punya selera sama dalam hal perempuan.

Baca juga:

Namun, studi ini menemukan bahwa hal serupa tidak terjadi pada pertemanan perempuan. Selera seorang perempuan terhadap laki-laki ditemukan tidak memengaruhi kecocokannya dengan perempuan lain dalam hal pertemanan.

"Studi ini memberikan bukti awal bahwa preferensi pasangan seorang laki-laki dapat memengaruhi sikap mereka terhadap calon teman barunya yang belum pernah kenal sebelumnya," ujar peneliti utama Kelly Campbell.

Untuk studi ini, Campbell dan timnya merekrut 38 mahasiswa dari California Selatan, AS. Sebanyak 20 orang di antaranya adalah laki-laki dan 18 orang di antaranya perempuan. Semua partisipan adalah heteroseksual.

Masing-masing dari mereka ditunjukkan 20 foto lawan jenis dan diminta untuk mengurutkannya dari yang menurut mereka paling menarik hingga yang paling tidak menarik. 10 dari foto tersebut adalah selebritas, sementara 10 sisanya adalah foto orang yang mereka tidak kenal.

Setelah itu, para peserta mengikuti sesi “speed-friending” selama tiga jam, yang diadakan secara terpisah untuk partisipan laki-laki dan perempuan.

Baca juga:

Setiap peserta bertemu dan berinteraksi satu sama lain selama tiga menit, sebelum menyelesaikan survei singkat untuk mengevaluasi daya tarik pertemanan mereka.

Menariknya, saat menganalisa survei, para peneliti melihat adanya tren di antara para laki-laki, yakni cenderung memiliki “ketertarikan pertemanan” yang lebih tinggi dengan laki-laki yang tidak punya selera perempuan yang sama.

Namun, tren itu tidak terlihat pada partisipan perempuan.

Hanya saja, karena jumlah partisipan yang sedikit, para akademisi menilai perlu ada studi yang lebih besar untuk mengonfirmasi hasil riset ini.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com