Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Melempar dengan Benar Menurut Penelitian

Kompas.com - 04/05/2017, 07:00 WIB
Wisnubrata

Penulis

Sumber Fatherly

Para pria sebaiknya memiliki keahlian untuk melakukan hal-hal kecil dengan benar, termasuk bagaimana melempar benda. Anda mungkin bukan pemain softball, namun kemampuan itu setidaknya bisa dipakai untuk mengoper remote pada istri Anda tanpa harus bergeser dari tempat duduk.

Bila selama ini Anda bukan pelempar yang baik meski sudah berlatih, maka Anda harus melibatkan rumus matematika untuk memperbaiki lemparan. Model matematika itulah yang dipakai para peneliti dari Harvard dan Yale untuk menghitung cara terbaik melemparkan benda.

“Begitu bola lepas dari tangan, maka kita tidak bisa mengubah arahnya,” ujar Madhusudhan Venkadesan, pimpinan peneliti dari Yale. “Bola itu akan bergerak sesuai cara Anda melemparnya. Jadi kuncinya adalah bagaimana kita melempar.”

Penelitian yang dipublikasikan di Royal Society Open Science itu mencari tahu bagaimana pengaruh kecepatan melempar terhadap akurasi, serta gaya melempar (genggaman di atas alias overhand atau genggaman di bawah alias underhand).

Hill Street Studios Lemparan underhand lebih cocok untuk jarak dekat dan kecepatan rendah
Mereka menemukan bahwa penambahan kecepatan saat melempar akan mengurangi akurasi. Artinya melempar dengan kecepatan lebih rendah akan lebih mungkin mengenai sasaran dibanding bila kita melempar sekuat tenaga. Pada umumnya, lemparan paling akurat dilakukan dengan gaya overhand, dengan laju sedikit lebih cepat daripada kecepatan minimum yang diperlukan untuk mengenai sasaran.

Meski demikian, lemparan dengan gaya underhand akan lebih mudah mengenai sasaran yang berada di atas bahu kita bila jaraknya tidak terlalu jauh. Sedangkan lemparan overhand lebih konsisten untuk kecepatan tinggi dan jarak lebih jauh.

Hal ini menjelaskan mengapa lemparan bebas dengan gaya underhand dalam permainan bola basket secara statistik lebih banyak berhasil dibanding gaya lain. Tertarik mencobanya?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com