Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagi Pria, Kecantikan Lebih Penting Dibanding Usia?

Kompas.com - 29/01/2018, 20:41 WIB
Ariska Puspita Anggraini

Penulis

Sumber ABCNews

KOMPAS.com - Maraknya iklan produk yang menjanjikan tampilan awet muda membuat banyak perempuan percaya bahwa lelaki lebih menyukai wanita berusia muda dibanding kecantikan.

Faktanya, sebuah penelitian baru dari Inggris menunjukkan bahwa pria ternyata lebih pemilih. Mereka lebih menyukai wanita yang menarik walau berusia lebih tua daripada wanita yang lebih muda dengan tampilan standar.

Riset yang dilakukan oleh psikolog bidang evolusioner (cabang psikologi yang mempelajari potensi peran dari faktor genetis dalam beragam aspek dari perilaku manusia), Dr. George Fieldman dari Chiterns University College di Inggris, menunjukkan bahwa sampai usia tertentu, pria menganggap daya tarik lebih penting daripada usia, bila ditanya soal calon pasangan.

Baca juga : 10 Hal Yang Terbukti Membuat Anda Lebih Menarik

"Wanita yang lebih tua, pada usia tertentu, bisa bersaing dengan wanita muda karena daya tarik fisiknya," kata Fieldman.

Riset ini dilakukan dengan menunjukan foto seorang wanita berusia 36 sampai 45 tahun yang dianggap menarik di mata sekelompok pria.

Mereka menunjukkan gambar tersebut pada tiga kelompok pria di awal usia 20-an dan juga menunjukkan gambar delapan wanita berusia 20-45 yang secara tampilan dianggap biasa.

Hasilnya, pria dalam riset tersebut lebih memilih wanita yang dianggap menarik tak peduli bahwa usia wanita dalam foto tersebut lebih tua.

Sebelumnya, banyak orang berpikir bahwa pria lebih memilih wanita berusia sekitar 20 tahun. Tapi, riset ini telah membuktikan sebaliknya.

Dr. Fieldman menyimpulkan bahwa studi tersebut menunjukkan seberapa besar kekuatan kecantikan di mata pria.

Dr. Fieldman juga mengatakan bahwa pria lebih cenderung menggoda wanita cantik daripada wanita yang muda. Padahal kita semua tahu, bahwa wanita berusia 20 tahun sebagian besar memiliki kesehatan dan tingkat kesuburan yang baik.

"Wanita yang lebih muda jelas akan memberi lebih banyak anak, tapi kenyataan bahwa banyak pria lebih memilih kecantikan, menunjukkan bahwa hal itu lebih penting daripada umur pada tingkat tertentu," ucap Dr Fieldman.

Walau begitu perlu digarisbawahi bahwa penelitian ini hanya didasarkan pada daya tarik fisik dan tidak memperhitungkan hal lainnya seperti kebaikan, kemurahan hati dan perhatian.

Tentu saja faktor lain selain daya tarik fisik juga tidak kalah pentingnya dalam menentukan hubungan jangka panjang.

Baca :Penelitian Ungkap, Pasangan yang Tepat Tentukan Kesuksesan Karier

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com