Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

5 Alasan Perempuan Sering Bersikap Keras terhadap Perempuan Lain

Kompas.com - 08/06/2022, 21:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Alifia Putri Yudanti dan Ristiana D. Putri

KOMPAS.com - Kampanye ‘woman support woman’ sering digencarkan oleh aktivis perempuan di media sosial. Usaha ini dilakukan agar perempuan bisa saling mendukung satu sama lain meskipun mereka memiliki tujuan yang berbeda.

Akan tetapi, ada pula perilaku perempuan yang justru tak mencerminkan kampanye ini. Faktanya, banyak perempuan yang enggan untuk mendukung satu sama lain. Bahkan, tak jarang malah saling mencemooh.

Mereka juga saling berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik sampai lupa cara menghargai perempuan lainnya. Dalam siniar Semua Bisa Cantik bertajuk “Marshanda, Cantik itu Mengasihi”, disebutkan bahwa Marshanda, aktris ternama, pernah berkata dalam unggahan Instagramnya,

“Cantik itu adalah bagaimana kita mengasihi, menerima, mendukung, memaafkan, mencintai, dan memahami diri sendiri serta orang-orang terdekat kita. Make your loved ones proud of you because of your love to them, not because of your looks.”

Bahkan, Marshanda juga dulu pernah menerima perilaku tidak menyenangkan dari sesama perempuan.

Melansir beberapa sumber, ternyata ada beberapa alasan mengapa perempuan sering kali bersikap keras pada perempuan lainnya.

1. Iri

Alasan utama perempuan enggan mendukung sesamanya adalah sifat iri. Ketika ada yang lebih sukses dan cantik sementara kita belum berhasil melakukan sesuatu, otomatis akan memicu perasaan iri.

Bahkan, terkadang ada juga yang menyampaikan ucapan selamat. Akan tetapi, setelah itu, mereka membicarakan keburukannya di belakang.

Baca juga: Puasa Skincare dan Manfaatnya untuk Kulit

Sifat buruk ini tentu harus bisa dihilangkan karena dunia tak terus berputar pada kita. Pahami juga bahwa setiap orang mempunyai kesempatannya masing-masing untuk sukses.

Alih-alih iri dan membicarakannya di belakang, kita bisa meminta saran dan kiat-kiat agar bisa sukses sepertinya.

2. Ingin Menjadi yang Berbeda

Selain ingin memiliki pencapaian yang serupa, seorang perempuan ingin merasa spesial atau biasa dikenal sebagai pick me girl.

Saat ada perempuan lain yang melakukan hal-hal mainstream, kita justru mengomentarinya dengan nada negatif. Bahkan, ada perasaan lebih unggul karena selera kita unik dan tak biasa.

Padahal, setiap orang memiliki selera masing-masing dan kita tak boleh menghakiminya. Menyukai hal-hal yang mainstream bukan suatu kesalahan, begitu pula sebaliknya.

3. Queen Bee Syndrome

Melansir The Atlantic, perempuan yang mengalami sindrom ini lebih senang bersikap maskulin sehingga ia akan membuat diri mereka lebih kuat dibandingkan perempuan lainnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com