Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Pengobatan Eksim yang Bisa Dilakukan di Rumah, Apa Saja?

Kompas.com - 17/01/2023, 05:21 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Eksim atau dermatitis atopik merupakan salah satu masalah kulit yang membuat penderitanya merasa sangat terganggu karena rasa gatal yang luar biasa.

Meskipun eksim perlu mendapatkan perawatan dari dokter kulit, tetapi kita juga bisa menanganinya sendiri dengan berbagai metode pengobatan di rumah.

Ada pun beberapa di antaranya dapat membantu meningkatkan hidrasi kulit dan meringankan beberapa efek samping dari masalah kulit ini, termasuk gatal dan kemerahan.

Dilansir dari laman Very Well Health, simak 4 pengobatan eksim di rumah yang tentunya sudah mendapatkan rekomendasi dari dokter kulit sebagai berikut.

1. Mandi oatmeal

Meskipun mandi terlalu lama dapat meningkatkan kekeringan dan memperburuk eksim, bukan berarti kita harus menghindari mandi sama sekali.

Mandi selama kurang dari 15 menit selama flare akut dapat membantu membersihkan iritasi, kuman, dan alergen yang dapat memicu flare eksim.

Bahkan ada metode bath additive yang dapat kita coba untuk membantu meningkatkan penyembuhan kulit kering dan meradang.

Salah satu metode bath additive yang dapat dilakukan untuk mengatasi eksim adalah dengan menambahkan oatmeal ke dalam air mandi.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa satu sendok makan oatmeal koloid (ditemukan di banyak toko makanan kesehatan) yang ditambahkan ke dalam bak air dapat membantu memulihkan fungsi penghalang kulit eczematous.

Namun, apabila oatmeal koloid memiliki harga mahal, kita bisa membuatnya sendiri dengan melumatkan oatmeal biasa dalam penggiling kopi sampai menjadi bubuk.

Ketika dicampur dengan air, oatmeal tidak boleh menggumpal atau berbutir-butir melainkan mengubah air menjadi seperti susu.

Baca juga: Obati Eksim dengan Mandi Oatmeal, Bagaimana Caranya?

2. Pengobatan topikal

Tujuan utama pengobatan topikal untuk eksim adalah meningkatkan hidrasi kulit dan memberikan penghalang emolien, di mana kelembapan terperangkap di lapisan terluar kulit (disebut stratum korneum).

Ada beberapa produk alami yang memberikan manfaat ini dalam berbagai tingkatan.

• Minyak kelapa

Minyak kelapa adalah pengobatan topikal favorit untuk eksim karena murah dan mudah didapat.

Minyak kelapa juga memiliki sifat emolien yang menurut beberapa penelitian lebih unggul daripada minyak mineral.

Di samping itu, minyak kelapa dikatakan memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri yang dapat meredakan gejala eksim, serta mencegah infeksi sekunder.

Sayangnya, sebagian besar bukti yang mendukung penggunaannya didasarkan pada studi tabung reaksi daripada uji coba pada manusia.

Kendati demikian, minyak kelapa yang dioleskan secara topikal umumnya dapat ditoleransi dengan baik.

Namun, minyak kelapa dapat bersifat komedogenik ringan, yang berarti dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan komedo maupun jerawat.

Jadi, orang yang alergi terhadap kelapa, kenari, atau hazelnut harus menghindari penggunaan minyak kelapa, terutama pada wajah.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com