Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

12 Buah Paling Sehat untuk Dikonsumsi Menurut Pakar

Kompas.com - 10/06/2023, 06:00 WIB
Anya Dellanita,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jika bicara soal camilan sehat, biasanya buah-buahan menjadi makanan yang paliung sering disebut.

Tidak aneh memang. Sebab, banyak jenis buah-buahan yang menawarkan berbagai vitamin, mineral, serat, dan antioksidan alami yang menyehatkan.

Namun dari sekian banyak jenis buah-buahan yang ada, kira-kira buah mana yang paling sehat untuk dikonsumsi?

Untuk mengetahuinya, simak pendapat dokter dan ahli nutrisi yang dikutip dari Real Simple, berikut ini.

Alpukat

Alpukat adalah salah satu makanan terbaik untuk menghilangkan kembung yang sering terjadi saat puasa atau dehidrasi. SHUTTERSTOCK/UTIK MARGARINI Alpukat adalah salah satu makanan terbaik untuk menghilangkan kembung yang sering terjadi saat puasa atau dehidrasi.
Buah paling sehat pertama menurut pakar adalah alpukat.

“Aku sangat merekomendasikan konsumsi alpukat untuk kesehatan jantung, karena mengonsumsi makanan kaya kalium seperti alpukat dapat membantu menurunkan kadar sodium,” ujar ahli diet dan pemilik dari Plant Based with Amy, Amy Gorin, MS, RDN.

Lalu, ahli diet dan pengembang resep di Cheerful Choices, Mackenzie Burgess, RDN pun mengatakan bahwa alpukat kaya akan serat, lemak sehat dan antioksidan, sehingga baik untuk jantung dan kekebalan tubuh.

Alpukat juga cukup serbaguna, dapat dikonsumsi dengan cara diiris, dijadikan selai, atau ditumbuk di atas roti panggang. Selain itu, alpukat juga bisa dijadikan smoothies atau ditambahkan ke salad dessing.

Baca juga: Makan Alpukat Setiap Hari Bisa Turunkan Kolesterol Jahat, Benarkah?

Blueberry

ilustrasi blueberry atau bluberi, FREEPIK/4045 ilustrasi blueberry atau bluberi,
Buah sehat berikutnya adalah blueberry, yang menurut Burgess kaya akan serat, vitamin C, vitamin K, mangan, serta sejenis fitonutrien bernama anthocyanin.

“Faktanya, sebuah studi baru yang diterbitkan di Food & Function menemukan bahwa mengonsumsi sekitar 125gram blueberry segar setiap hari dapat meningkatkan fungsi endotel yang membantu menjaga pembuluh darah berjalan dengan lancar, membuatnya penting untuk kesehatan jantung,” ujarnya.

Apel

ilustrasi buah apeliStockphoto/ASMR ilustrasi buah apel
Selain alpukat dan blueberry, apel juga kaya akan serat dan polifenol bermanfaat yang menurut sebuah penelitian di jurnal Nutrients dapat membantu menurunkan kolesterol dan mendukung kesehatan jantung.

Burgess pun mengatakan bahwa ia juga senang menyimpan applesauce (selai apel) di rumahnya untuk menjaga kesehatan otak.

“Apel dalam bentuk selai ini memiliki semua nutrisi yang ada pada sebuah apel sekaligus memiliki beberapa kandungan yang menyehatkan otak, seperti omega-3 (DHA dan EPA) dan kolin,” ujarnya.

Baca juga: 9 Manfaat Buah Apel, Termasuk Bantu Turunkan Berat Badan

Raspberry

ilustrasi raspberry atau rasberi, buah tinggi serat yang cocok dikonsumsi untuk menurunkan trigliserida tinggi.FREEPIK/RACOOL_STUDIO ilustrasi raspberry atau rasberi, buah tinggi serat yang cocok dikonsumsi untuk menurunkan trigliserida tinggi.
Jika ingin kulit dan hormon tetap sehat, praktisi neuropatik Breanna Guan mengatakan bahwa raspberry bisa jadi pilihan tepat.

Sebab, buah beri ini kaya akan vitamin C yang dapat membantu mendukung produksi kolagen dan melindungi kulit dari penuaan dengan melawan radikal bebas dan menghentikan stres dan kerusakan oksidatif.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com