Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
INDONESIA TERHUBUNG

Meneladani Kisah 3 Perempuan Inspiratif yang Berhasil Mengangkat Daerahnya

Kompas.com - 13/06/2023, 15:12 WIB
Yakob Arfin Tyas Sasongko,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Peran perempuan pada masa kini semakin penting. Tak sekadar bertanggung jawab pada tugas domestik, perempuan berkesempatan untuk membangun karier dan mencapai kesuksesan di berbagai bidang.

Dengan begitu, perempuan dapat menjadi agen perubahan serta membuka akses bagi sesamanya. Terlebih, keberadaan internet semakin membuka peluang untuk mewujudkan misi tersebut sembari mengembangkan kreativitas.

Bicara soal manfaat, internet memungkinkan perempuan untuk mengakses sumber daya dan informasi yang lebih banyak dalam mendukung pengembangan karier mereka. Ragam situs web, forum diskusi, dan jaringan media sosial (medsos) memberi perempuan kesempatan yang lebih luas untuk berbagi ide, karya, serta pengalaman.

Selain manfaat tersebut, internet juga memberikan sejumlah faedah lain bagi perempuan di bidang literasi digital. Pertama, internet memungkinkan perempuan mengakses berbagai sumber informasi tentang literasi dan teknologi.

Baca juga: Biar Momen Me Time Makin Seru, Yuk Dengar 5 OST Drama Korea Ini

Kedua, internet memberi peluang perempuan untuk mengikuti kelas online atau pendidikan jarak jauh untuk meningkatkan keterampilan. Ketiga, internet membuka peluang bagi perempuan untuk berpartisipasi dalam industri teknologi.

Keempat, internet membuka ruang kepada perempuan untuk menyuarakan pendapat tentang ragam isu lewat media sosial (medsos). Terakhir, internet memungkinkan perempuan untuk berkolaborasi serta bertukar pengetahuan dengan para ahli.

Melihat manfaat tersebut, IndiHome dari Telkom Indonesia berkomitmen memberikan akses internet cepat untuk memajukan literasi dan teknologi di Tanah Air.

Berkat internet cepat, masyarakat umum, termasuk perempuan, dapat mengakses berbagai sumber informasi dengan lebih mudah. Dengan demikian, kalangan perempuan dapat memberi dampak bagi masyarakat di sekitarnya.

Baca juga: Platform Streaming Musik Berkembang, Ini Manfaatnya bagi Band Indi

Di Indonesia sendiri, terdapat sejumlah perempuan inspiratif yang telah bergerak serta fokus berkarya untuk mengembangkan daerahnya masing-masing.

Perempuan-perempuan inspiratif tersebut berhasil membuktikan kepada khalayak bahwa mereka mampu berkarya sehingga menjadi role model bagi insan di Tanah Air.

Berikut adalah tiga di antara perempuan-perempuan inspiratif tersebut.

1. Hanna Keraf

Hanna Keraf merupakan inisiator tradisi menganyam di Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Baca juga: Ingin Hadirkan Variasi Sajian Masakan? Berikut 7 Channel Youtube yang Bisa Ditonton Ibu Rumah Tangga

Aktif dalam gerakan pemberdayaan perempuan desa di Maumere sejak 2012, ia terlibat dalam upaya mengurangi kemiskinan di negara-negara berkembang bersama yayasan independen asal Swiss.

Pengalaman tersebut pula yang memacu dirinya berinisiatif membangkitkan kembali tradisi menganyam yang mulai pudar di tengah masyarakat NTT.

Gerakan tradisi menganyam tersebut diberi nama “Du Anyam” yang memiliki arti perempuan yang menganyam.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com