Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Lama Harus Jalan Kaki Tiap Hari agar Jantung Sehat?

Kompas.com - 05/07/2023, 17:18 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Berjalan kaki setiap hari memiliki banyak manfaat bagi kesehatan jantung dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Manfaat yang bisa kita dapat mulai dari membantu menurunkan dan mempertahankan berat badan, menurunkan kadar gula darah, serta mengurangi stres kronis.

Menurut pedoman dari Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan yang didukung oleh American Heart Association (AHA), orang dewasa harus melakukan setidaknya 150 menit aktivitas fisik moderat dalam seminggu.

Meskipun 150 menit aktivitas fisik mungkin terdengar seperti target yang tinggi, para ahli mengatakan bahwa kita bisa memecahnya menjadi beberapa hari dan kita dapat mencapai target tersebut dengan berjalan kaki sekitar 20 menit sehari.

Baca juga: Rutin Jalan Kaki di Pagi Hari, Rasakan 10 Manfaatnya

Faktanya, kurang dari 1 dari 4 orang dewasa dapat memenuhi jumlah aktivitas fisik yang direkomendasikan.

Dan kelompok-kelompok tertentu, termasuk orang lansia, wanita, serta mereka yang berada dalam status sosial ekonomi yang lebih rendah, bahkan lebih kecil kemungkinannya untuk memenuhi target tersebut.

Dikutip dari laman Very Well Health, berikut alasan mengapa jalan kaki penting bagi kesehatan jantung, dan aktivitas lain yang dapat dilakukan untuk mendukung kesehatan secara keseluruhan.

Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Berjalan Kaki?

Sebuah pernyataan ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal AHA Circulation menyoroti bahwa banyak orang tidak dapat memenuhi pedoman jalan kaki yang direkomendasikan.

Dan banyak masyarakat mungkin tidak menyadari bahwa berjalan kaki setiap hari dapat meningkatkan kesehatan mereka.

Para ahli mengatakan, target olahraga 20 menit setiap hari dapat dilakukan secara kumulatif.

"Berjalan cepat akan membuat kita bergerak menuju tujuan tersebut," kata ketua sukarelawan komite penulisan pernyataan ilmiah dan seorang profesor di Departemen Kinesiologi di Towson University, Gerald Jerome, PhD, FAHA.

"Naik tangga atau parkir agak jauh dari pintu masuk toko juga membantu kita bergerak ke arah tujuan," jelas dia.

Baca juga: Cegah Kegemukan, Anak Perlu Aktivitas Fisik Selama di Rumah

Ilustrasi olahraga kardio. Saat berolahraga, suhu tubuh akan meningkat. Unsplash Ilustrasi olahraga kardio. Saat berolahraga, suhu tubuh akan meningkat.

Bagaimana jalan kaki meningkatkan kesehatan jantung?

Seorang ahli jantung sekaligus direktur program ekokardiografi dan pencitraan jantung struktural di Stony Brook Heart Institute, Smadar Kort, MD, mengungkapkan, berjalan kaki dapat meningkatkan detak jantung, sehingga dapat memompa lebih banyak oksigen dan nutrisi ke otot-otot kita.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com