Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/07/2023, 08:35 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Ada banyak manfaat yang bisa kita raih dengan rutin melakukan eksfoliasi atau peeling. Kulit mejadi lebih cerah dan bebas jerawat. Namun, jangan sembarangan menggunakan zat asam untuk peeling sendiri di rumah.

Perawatan peeling di klinik kecantikan pada umumnya menggunakan alpha-hydroxy acids (AHAs), beta hydroxy acids (BHAs), dan trichloroacetic acid (TCAs).

Meski begitu, menurut dr.Ruri D Pamela Sp.KK, penggunaan zat asam untuk eksfoliasi tidak boleh sembarangan.

"Jangan coba-coba sendiri, itu bahaya banget. Bahan asam yang diaplikasikan tanpa pengawasan dokter bisa menyebabkan kulit terbakar dan jika sampai timbul jaringan parut bisa permanen," katanya.

Selain itu, penggunaan zat asam tanpa pengawasan dokter bisa menimbulkan risiko kulit terbakar.

Baca juga: Manfaat Chemical Peeling untuk Mengatasi Jerawat

"Kalau sampai terjadi jaringan parut bisa permanen. Karenanya sangat penting untuk tidak mencoba-coba sendiri seperti yang banyak di media sosial,"ujarnya di sela acara perayaan 20 tahun Dermaceutic di Jakarta (11/7/2023).

Dokter Ruri mengatakan, tipe kulit orang Indonesia mudah mengalami komplikasi, karena itu sebaiknya jangan sembarangan mengaplikasikan zat-zat yang bersifat agresif seperti acid.

"Tipe kulit kita mudah mengalami komplikasi, beda dengan orang bule yang pigmennya sedikit karenanya risiko komplikasi lebih sedikit. Beda dengan kulit kita yang harus dilakukan treatment dengan kehati-hatian,"sarannya.

Untuk melakukan chemical peeling, dokter Ruri mengatakan sebaiknya dilakukan di klinik kecantikan dengan dokter yang kompeten.

Jika dilakukan secara rutin chemical peeling dapat membuat kulit lebih bersih, kenyal, cerah, bahkan mengatasi jerawat.

Baca juga: Seberapa Sering Eksfoliasi Wajah Berdasar Jenis Kulit

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com