Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Resep Makanan dan Minuman Berbahan Dasar Seledri

Kompas.com - 14/07/2023, 14:17 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Yahoo

KOMPAS.com - Tidak banyak orang yang menyebut seledri sebagai sayuran favorit, mungkin karena mereka tidak menyadari betapa serbagunanya seledri. Yang lebih penting lagi, seledri sangat bergizi dan juga rendah kalori.

Seledri hanya memiliki sepuluh kalori per tangkai, dan satu cangkir seledri mengandung lima gram serat yang menyehatkan.

Sayuran hijau ini juga memiliki kandungan antioksidan, vitamin C, beta karoten, serta flavonoid, yang semuanya merupakan komponen penting dari diet seimbang.

Selain bisa menjadi camilan yang enak, seledri ternyata juga dapat dijadikan sebagai bahan dasar berbagai hidangan.

Baca juga: Kaya Serat dan Folat, Ini 5 Manfaat Seledri untuk Kesehatan

Untuk mendapatkan semua manfaat kesehatan dari sayuran klasik ini, cobalah beberapa resep berikut ini yang bisa kita buat di rumah.

1. Gratin seledri
Gratin seledri adalah makanan gurih dan menenangkan yang cocok dengan hampir semua hidangan.

Meskipun beberapa resep mungkin menggunakan keju Swiss atau cheddar, jangan ragu untuk menggantinya dengan gruyere atau parmesan demi mendapatkan rasa yang unik.

2. Sup krim seledri
Sup seledri mungkin tidak terdengar lezat, padahal rasa sup ini tak kalah dengan sup jamur atau sup daging. Kuncinya adalah menambahkan bawang bombay dalam jumlah yang tepat untuk membuat sup yang lembut dan nyaman ini menjadi hidangan favorit keluarga.

Baca juga: Resep Sup Ayam Sederhana dan Bernutrisi

3. Isian atau stuffing
Ada banyak bahan yang bisa digunakan untuk membuat isian atu stuffing makanan.

Namun, seledri bisa memberikan rasa nyaman dan klasik dengan tambahan daun bawang, bawang bombay, serta rempah-rempah lainnya.

4. Kaldu sayuran
Seledri adalah bahan utama dalam hampir semua kaldu sayuran. Kaldu sayuran sangat cocok untuk disiapkan sebelumnya untuk digunakan selama seminggu dan dapat dengan mudah dibekukan.

5. Wild rice dengan seledri dan bawang
Daya tarik dari wild rice adalah rasanya yang pedas dan unik, yang dilengkapi dengan tambahan bawang bombay dan seledri.

Meskipun dapat menjadi lauk yang lezat, kita juga dapat menggunakannya sebagai bahan dasar untuk resep lain yang membutuhkan nasi.

Baca juga: 5 Macam Rempah yang Bisa Bantu Turunkan Hipertensi, Ada Biji Seledri

6. Smoothie atau jus seledri
Smoothie seledri mungkin tidak terdengar seperti camilan favorit baru, tetapi jangan langsung menolaknya sebelum mencobanya.

Blender seledri dengan apel hijau segar, pisang beku, dan jahe untuk mendapatkan kudapan yang lezat dan sehat.

Selain smoothie, kita juga bisa membuat jus seledri segar dengan menambahkan, apel hijau, dan lemon ke dalam blender, lalu minum dengan es untuk camilan bergizi yang menyegarkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com