Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Kenali 3 Istilah Ini untuk Kesehatan Mentalmu

Kompas.com - 19/09/2023, 20:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Alifia Putri Yudanti dan Ikko Anata

KOMPAS.com - Kondisi kesehatan mental sangat bergantung pada bagaimana kita menanggapinya secara pribadi. Meskipun penyebabnya bisa berasal dari eksternal maupun internal.

Perasaan benci terhadap diri sendiri, membandingkan diri sendiri dengan orang lain, atau merasa diri sebagai pusat perhatian merupakan beberapa gejala yang wajib diwaspadai bagi kesehatan mental kita.

Berikut beberapa istilah terkait kesehatan mental yang perlu kamu ketahui:

1. Self-Loathing: Hati-Hati Benci pada Diri Sendiri

Merasa benci atau kesal dengan diri sendiri adalah hal yang wajar jika kita telah melakukan suatu kesalahan. Akan tetapi, apabila perasaan ini muncul terus-menerus dan berlebihan, bisa jadi mengidikasikan suatu kondisi bernama self-loathing.

Dalam siniar Anyaman Jiwa bersama Teman Bincang episode “Self Loathing: Perasaan Benci pada Diri Sendiri” dengan tautan akses s.id/AnyJiwSelfLoathing, self-loathing atau self-hated adalah kebencian pada diri sendiri yang meliputi perasaan tidak mampu, rasa bersalah, dan adanya harga diri rendah yang terjadi secara terus-menerus.

Melansir WebMD, ada banyak faktor yang melatarbelakangi timbulnya kondisi ini pada seseorang. Misalnya, pola asuh yang terlalu kritis, sifat perfeksionisme, sering membandingkan diri dengan orang lain, hingga lingkungan kompetitif yang tak sehat.

Meskipun membenci diri sendiri bukanlah suatu gangguan mental, namun kondisi ini bisa jadi salah satu gejala depresi. Hal ini disebabkan tingginya pemikiran negatif atau keraguan terhadap diri sendiri yang akhirnya berdampak pada hubungan sosial dan sulitnya merasa bahagia.

Baca juga: Bukan Egois, Ini Pentingnya Utamakan Diri Sendiri

Orang yang terkena self-loathing akan selalu melihat dirinya secara negatif dan mengabaikan hal yang positif. Hal ini karena mereka merasa tidak akan pernah cukup baik sehingga enggan mengapresiasi kekuatan yang mereka punya.

Selain itu, orang yang membenci diri sendiri juga mempunyai pemikiran “All-or-nothing thinking”, yaitu hanya melihat hidup dari dua sisi; baik atau buruk dan mengabaikan sisi abu-abu. Pemikiran ini pun dapat menimbulkan masalah karena mempersulit pencarian alternatif solusi.

Itulah mengapa, jika mengalami kegagalan, mereka enggan mencoba dan menganggap dirinya tak mampu.

2. Social Comparison: Bahaya Membandingkan Diri

Membandingkan diri sendiri merupakan salah satu tanda seseorang self-loathing. Kebiasaan membandingkan diri sendiri dengan orang lain ini semakin lumrah dilakukan, terlebih dengan hadirnya media sosial yang membuat kita mudah mengakses kehidupan orang lain.

Melalui dunia semu itu, kita melihat berbagai persona yang ditonjolkan orang tersebut. Alhasil, kita pun sering kali menemukan hal-hal yang membuat kita membandingkan diri sendiri dengan orang itu. Misalnya, dalam hal kecantikan hingga harta.

Meski begitu, dalam siniar Anyaman Jiwa episode “Stop Membandingkan Diri dengan Orang Lain” dengan tautan s.id/AnyJiwBanding, dijelaskan alasan seseorang membandingkan dirinya dengan orang lain didasarkan pada keinginan untuk menjadi orang yang lebih baik. Sayangnya, penerapannya tidaklah selalu tepat.

Ketika manusia membandingkan dirinya dengan orang lain, ada berbagai faktor atau alasan yang melatarbelakanginya. Misalnya, untuk memotivasi diri, adanya ketidakpuasan terhadap diri sendiri, atau yang lebih ekstrem karena terlibat perilaku berbohong.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com