Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Alasan Minum Teh Hijau Efektif Turunkan Berat Badan

Kompas.com - 05/10/2023, 05:42 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat ini, ada banyak sekali tren minuman di media sosial yang diklaim bisa membantu menurunkan berat badan dengan cepat.

Sayangnya, dalam hal menurunkan berat badan, tidak ada satu pun makanan atau minuman yang dapat bekerja secara instan.

Pendekatan paling tepat untuk menurunkan berat badan itu dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk mengonsumsi asupan yang bernutrisi, berolahraga secara teratur, serta mengadopsi kebiasaan tidur yang sehat.

Kendati demikian, kita juga dapat memilih teh sebagai asupan bernutrisi yang sesuai untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi sekaligus membantu kita mencapai tujuan penurunan berat badan dengan lebih efektif.

Baca juga: 4 Manfaat Teh Hijau bagi Kesehatan, Menurut Para Ahli

Bagaimana cara teh membantu penurunan berat badan?

Teh adalah minuman yang paling banyak dikonsumsi kedua di dunia setelah air. Ada dua kategori utama teh, yakni teh asli dan teh herbal.

Teh asli, yang meliputi teh hijau, oolong, hitam dan putih, semuanya terbuat dari daun tanaman yang sama, yaitu tanaman Camellia sinensis.

Sedangkan teh herbal terbuat dari rempah-rempah, tepung, dan daun tanaman non-teh yang dapat dikonsumsi.

Mengganti minuman berkalori tinggi, seperti kopi manis, dengan teh tawar yang lebih rendah kalori juga dapat secara efektif mengurangi total asupan kalori kita.

Di samping itu, menurut penelitian tahun 2020 di International Journal of Molecular Sciences, teh asli mengandung katekin, polifenol alami yang terkait dengan peningkatan metabolisme dan merangsang tubuh untuk memecah lemak menjadi energi.

Teh hijau, terutama teh hijau tingkat matcha, juga diketahui mengandung kadar katekin tertinggi.

Alasan teh hijau efektif turunkan berat badan

Meskipun semua teh menawarkan manfaat kesehatan yang potensial, namun teh hijau adalah yang terbaik dalam membantu proses penurunan berat.

Berikut adalah alasan pentingnya minum teh hijau jika ingin menurunkan berat badan:

1. Membantu mengurangi gula

Menurut sebuah studi tahun 2019 yang diterbitkan dalam jurnal Circulation, terlalu banyak mengonsumsi minuman berpemanis dapat menyebabkan efek negatif pada kesehatan tubuh.

Menggantinya dengan sesuatu seperti teh hijau tanpa pemanis adalah strategi yang tepat untuk mengurangi asupan gula tambahan secara keseluruhan.

Selain menjadi pilihan bebas gula, minum dua hingga tiga cangkir teh hijau per hari juga dapat memberikan manfaat kesehatan lainnya seperti mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes tipe 2.

Baca juga: Pahami Manfaat dan Efek Samping Teh Hijau bagi Kesehatan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com